Insya Alloh Kankemenag Kota Magelang Mampu Raih WBK Ditahun 2022

Solo  – Rapat Koordinasi Overview Lembar Kerja Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah sore kini tengah berlangsung di The Sunan Hotel Solo berakhir hari ini, Jum’at (11/06). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) bagi Satker calon Pilot Project Tahun 2022 Kemenag Jawa Tengah.

Manajemen perubahan diperlukan dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan kinerja yang lebih baik dari keadaan yang dirasa belum ideal menuju keadaan sebagaimana dicita-citakan dalam rencana kerja organisasi. Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, yang dituangkan dalam 6 komponen pengungkit dan 2 komponen hasil yang harus dipenuhi untuk mewujudkan ZI tersebut.

Kementerian Agama terus memperluas pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sesuai arahanan Sekjen Kementerian RI dalam memberikan penegasannya, bahwa terdapat lima kunci sukses yang perlu dijalankan secara berkelanjutan dalam membangun ZI,  WBK, dan WBBM. Diantara lima kunci sukses tersebut yang paling domina adalah komitmen pimpinan. Empat kunci lainnya adalag kemudahan pelayanan, program masyarakat, monitoring dan evaluasi, dan manajemen media.

Pasca Rakor ditutup, Kasubbag TU Kementerian Agama Kota Magelang sabaga pemimpin Tim PMZI mengatakan “Sepulang rakor ini kami akan melakukan perbaikan dan melengkapi kekurangan dokumen yang belum ada. Tim ZI merupakan ujung tombak dalam pembenahan kinerja di setiap satker. Keterlibatan pimpinan dan support dari internal menjadi sebuah keharusan. Kita akan perkuat Tim ZI kita dengan melipatkan seluruh ASN di Kementerian Agama Kota Magelang. Kesadaran akan pentingnya PMPZI dan soliditas internal harus lebih diperkokoh lagi.  PMZI bukan saja tugas dari Tim ZI, akan tetapi tugas bersama ASN di Kementerian Agama untuk optimalisasi kinerjanya,” tegas Moh Sunaryanto.

“Pasca rakor ini saya optimis, Insya Alloh Kankemenag Kota Magelang menjadi salah satu Satuan kerja di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang meraih WBK di tahun 2022,” kata  Moh Sunaryanto bersemangat. (HS).