Jelang Buka Puasa, ASN Kemenag On Air di Radio Swiba Karanganyar

Karanganyar – Marhaban Ya Ramadan, Selamat Datang Ramadan. Mari kita sambut datangnya bulan Suci Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan, penuh semangat untuk meningkatkan amaliyah puasa kita, amaliyah ramadan kita sehingga Ramadan ini menjadi sarana bagi kita sekalian untuk menjaga dan meningkatkan ketaqwaan kita dihadapan Allah SWT. Sebagaimana esensi dari perintah dilaksanakan puasa, yakni untuk menjadikan kita hamba-hamba yang beriman ini menjadi hamba-hambanya yang bertaqwa dihadapan Allah SWT.

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad saat on air di Radio Swiba 96,3 FM Radionya Karanganyar pada Kamis, (17/05). Siaran Kepala Kemenag tersebut mengawali perjumpaan yang akan disambung oleh Da’i-da’i dari Kementerian Agama menjelang buka puasa selama Ramadan ini di Radio Swiba.

“Sapaan saya saat ini sebagai awal dari perjumpaan kita yang nanti akan disambung oleh sahabat kami di Kemenag setiap hari menjelang buka puasa. Kami di Kemenag akan bergantian mulai dari pejabat, penyuluh dan para dai di Kemenag untuk tawa saubil hak tawa saubi sobri, saling mengingatkan, saling asah dan asuh, saling menyemangati untuk bersama bisa sukses dalam Ramadhan kali ini.” jelas Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kemenag menginformasikan program pemerintah bersama segenap elemen umat Islam di Kabupaten Karanganyar dalam mengisi amaliyah Ramadan dengan berbagai amal yang bertujuan agar Ramadan 1439H di Kabupaten Karanganyar lebih semarak dan berkualitas dibanding tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah program-program Pemerintah Kabupaten Karanganyar pada Bulan Suci Ramadan Tahun 1439H/2018M, dimana Kementerian Agama sebagai leading sectornya, antara lain :

  1. Menerbitkan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1439H/2018M yang dapat diakses melalui Website Kemenag Karanganyar atau KUA Kecamatan atau dapat langsung ke Kantor Kemenag Karanganyar,
  2. Gerakan Karanganyar Bertaqwa yang sdah berjalan selama 4 tahun, yang dikoordinir oleh Bapak PJS Bupati, Prijo Budi. Dimana semua kantor pemerintah mengawali kerjanya dengan membaca Al Quran, terjemah Al Quran, demikian juga yang beragama non Islam melakukan kajian menurut kitabnya masing-masing,
  3. Tarawih keliling yang dihadiri oleh bapak Bupati dan pejabat, muspida dan forkompinda serta kepala organisasi di Kabupaten Karanganyar yang akan tersebar di 17 kecamatan sesuai jadwal dimulai tanggal 21 mei – 7 Juni 2018,
  4. Tarawih 1 juz atau lebih yg dipimpin oleh para hafidz di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar sehingga selama sebulan khatam 30 juz al quran,
  5. Itikaf di 10 hari terakhir, dan disaat bersamaan melakukan semaan Al Quran oleh para hafidz sebanyak 10 juz setiap harinya sehingga diharapkan akan menghatamkan 3 kali hingga akhir Ramadhan,
  6. Lomba rampak beduk yang diikuti 17 kecamatan,
  7. Takbiran di Masjid Agung Karanganyar dan terakhir
  8. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1439H di alun-alun Karanganyar yang Insya Allah akan bertindak selaku khotib bapak Dr. Sofyan anif, Rektor UMS Surakarta.

Di akhir siarannya, Kepala Kemenag mengatakan bahwa Pemerintah berharap pada pendengar untuk menjadikan Ramadan ini sebagai bulan ukhuwah, bulan konsolidasi keluarga, bulan menjalin persatuan dan kesatuan serta bulan menebarkan kedamaian di lingkungan masing-masing.

“Mari sama-sama mengisi amaliyah Ramadan ini dengan shalat tarawih, tadarus, taklim, itikaf, semaan Al Quran, shodaqah, zakat dan ibadah yang lain sehingga ibadah kita meningkat dibanding tahun lalu. Serta saling bertoleransi antara kita dan sahabat lain yang tidak berpuasa sehingga tercipta kehidupan yang harmonis saling menghormati sehingga karanganyar tetap menjadi daerah yang tentram untuk kehidupan bermasyarakat,” tutupnya. (ida-hd/Wul)