Kankemenag Wonosobo Hadiri Rapat Koordinasi Pengurus Pimpinan Daerah DMI Wonosobo

Wonosobo – Dewan Masjid Indonesia (DMI) merupakan organsisasi tangkat Nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. Selaras dengan tujuan tersebut, diharapkan dengan kehadiran DMI Kabupaten Wonosobo dapat mendorong optimalisasi fungsi masjid di wilayah Kabupaten Wonosobo bukan semata hanya untuk tempat beribadah. Demikian disampaikan Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo saat memberikan sambutannya dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus Pimpinan Daerah DMI Wonosobo yang diselenggarakan oleh DMI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo pada hari Selasa (8/6) di Pendopo Bupati Wonosobo.

Farid katakan, masjid dinilai memiliki peranan yang begitu penting dalam penegakan Agama Islam. Oleh karenanya keberadaan Organisasi DMI Kab. Wonosobo diharapkan bisa membantu pengurus atau takmir masjid untuk mengoptimalkan fungsinya, dengan demikian kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat,

“pemahaman sempit terkait pemanfaatan fungsi masjid harus dirubah. Anggapan yang memandang masjid hanya sebagai tempat beribadah seperti sholat baik wajid dan Sunnah perlu diperlebar. Kenyatannya masjid dapat dijalankan funsinya sebagai tempat pendidikan, pengajian dan lainnya. Untuk membentuk pemahaman tersebut diperlukan pendampingan oleh DMI kepada pengurus masjid,” Jelas Farid.

Hal lain ia katakan bahwa masjid bisa dimanfaatkan fungsinya sebagai tempat menebar moderasi beragama melalui kajian, pengajian, musyawarah dan diskusi.

Senada dengan Ahmad Farid, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar dalam sambutannya menyampaikan, dengan terselenggaranya rapat koordinasi DMI ini diharapkan dapat menguatkan peran DMI dalam memakmurkan masjid. Seperti tujuan mulia organisasi DMI, yakni memakmurkan dan menghidupkan fungsi masjid, sebagai rumah ibadah, pengembangan masyarakat, dan persatuan umat.

“Saya harap kehadiran DMI ditengah masyarakat Wonosobo dapat menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, dakwah Islam, serta mampu menyebarkan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin,” terang Wabup.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua DMI Kab. Wonosobo, Tarjo, juga menyampikan bahwa tujuan dilaksanakannya rakor tersebut untuk mensosialisasikan program dan kegiatan DMI Pusat dan Wilayah dalam melaksanakan rencana aksi terhadap problematika umat beragama.

Hal lain ia sampaikan terkait surat edaran dari DMI pusat tentang program peduli Palestina dan percepatan penanganan penularan Covid-19 dari sektor peribadatan di masjid. Ps-ws/qq