Kelompok Jurnalistik MISYKAT Agar Total Mencitrakan Madrasah

Mungkid – Kelompok kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik MAN 1 Magelang disebut (MISYKAT) diharapkan dapat secara total memberikan kontribusi dalam mencitrakan madrasah. Dengan demikian semua dinamika di MAN 1 Magelang dapat diberitakan dan diketahui oleh masyarakat luas.

“MISYKAT sebagai  kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik harus dapat mencitrakan madrasah secara total sehingga semua dinamika MAN 1 Magelang dapat terbaca dan diketahui oleh masyarakat.  Kita niatkan dari detik ini, bahwa kegiatan di MISYKAT adalah untuk kemajuan madrasah  ini,” papar Pengelola Kehumasan Kantor Kemenag Kab. Magelang Ahmad Maskuri, pada kegiatan Pembinaan Kegiatan Jurnalistik di MAN 1 Magelang, Selasa, (27/03). Kegiatan diikuti oleh 18 siswa dan dua guru pembimbing.

Ahmad Maskuri menyampaikan apresiasi kepada MAN 1 Magelang karena telah diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi dan menjelaskan visi serta misi Kehumasan Kemenag Kab. Magelang. Dalam paparannya, Maskuri menyampaikan bahwa Kehumasan saat ini sudah bertransformasi menjadi sebuah peran yang sangat penting dalam mencitrakan institusi melalui kegiatan pemberitaan yang masif tentang dinamika kegiatan dan layanan sehingga masyarakat tahu akan kinerja Kementerian Agama.

“Kehumasan memegang peranan yang penting dalam mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik. Ada tiga tugas penting yang kita emban saat ini yaitu: membangun citra dan reputasi positif Kementerian Agama, menyosialisasikan  kebijakan dan program Kementerian Agama, dan membangun kepercayaan public (trust),” jelasnya.

Ahmad Maskuri juga menyampaikan kendala yang dihadapi Kehumasan pada tahun 2017 dan menyampaikan strategi dalam upaya memantapkan peran kehumasan di Kementerian Agama. Salah satu strateginya adalah melakukan percepatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mengolah informasi menjadi berita yang selanjutnya ditayangkan di website Kanwil maupun Kabupaten.

“Kehadiran kami di sini adalah dalam rangka membangun sinergi Kantor Kemenag Kab. Magelang dengan  MISYKAT, agar semua kegiatan di MAN 1 Magelang ini bisa diberitakan dan dapat membantu kami berkontribusi dalam pemberitaan di Kanwil,” lanjutnya.

Untuk menyiapkan MISYKAT agar bisa berperan maksimal, Ahmad Maskuri menyampaikan bahwa  sangat penting menggugah semangat anak-anak MISYKAT untuk membangun supertim yang kuat dalam pengelolaan kehumasan berbasis Teknologi Informasi.

“MAN 1 Magelang mempunyai daya dukung yang luar biasa. Hanya karena tidak diberitakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki tidak tampak. Kita ingin anak-anak MISYKAT menjadi team yang hebat dalam memberitakan madrasah dengan memanfaatkan piranti Teknologi Informasi,” kata Maskuri.

Selanjutnya, dalam dialog dan diskusi Ahmad Maskuri memaparkan strateginya untuk mendongkrak Kehumasan Madrasah dalam waktu singkat melalui perencanaan dan realisasi yang nyata. MISYKAT kemudian dibagi dalam beberapa divisi yaitu Divisi Pengelolaan Website, Divisi Pemberitaan, Divisi Multimedia, dan Divisi Media Sosial.

“Setelah terbentuk divisi ini, nantinya kegiatan-kegiatan MISYKAT akan kita arahkan agar para personil MISYKAT memiliki kompetensi. Jangka pendeknya adalah kita akan mengadakan pelatihan membuat berita dan personal blogging,” kata Maskuri.

Kepala MAN 1 Magelang Khoironi Hadi, menyambut positif kegiatan tersebut dan berharap MISYKAT dapat memberitakan semua kegiatan madrasah.

“Kegiatan di MAN 1 Magelang banyak sekali, dan memang saat ini belum diberitakan. Semoga MISYKAT dalam jangka pendek bisa memenuhi harapan Kankemenag dalam memenuhi target pemberitaan,” katanya. (at/am)