Kerjasama KUA Jebres dan Puskesmas Purwodiningratan Wujudkan Masyarakat Yang Sehat

Surakarta – Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, demikian disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jebres, Sucipto saat mengikuti kegiatan senam pagi bersama para pegawai dan warga di lingkungan sekitar kantor KUA Jebres pada hari Rabu (5/4) di halaman kantor KUA.

Kegiatan senam pagi ini merupakan kerjasama dari KUA Kecamatan Jebres dan Puskesmas Purwodiningratan, Surakarta. Kegiatan senam ini berlangsung dari jam 06.00 sampai 07.00 dan hampir 60 persen warga yang hadir adalah para lansia.

“Kegiatan senam pagi ini tidak menggangu pelayanan di KUA, karena dilaksanakan sampai jam 07.00 saja, jadi sebelum jam pelayanan di KUA dibuka untuk masyarakat, yakni jam 07.30,” jelas Sucipto

Sucipto mengatakan bahwa kegiatan senam pagi ini baru pertama kali diadakan dan direncanakan akan berlansung rutin setiap hari Rabu pagi. Tujuan dari diselengarakannya kegiatan senam pagi ini, selain untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani juga sebagai sarana untuk merekatkan hubungan antara KUA dengan masyarakat di sekita kantor KUA sehingga bisa saling menjaga.

“Kami berharap hubungan antara KUA dengan warga sekitar serta dengan Puskesmas Purwodiningratan semakin baik dan semakin erat,” jelas Sucipto.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa apabila warga sekitar membutuhkan tempat untuk kegiatan-kegiatan keagamaan bisa memakai halaman depan kantor KUA, selama di luar jam pelayanan di KUA.

“Silahkan menggunakan halaman ini untuk kegiatan, asalkan positif dan diluar jam kerja,” jelas Sucipto.

Pada kesempatan yang sama Kasi Pemberdayaan Masyarakat Puskesmas Purwodiningratan, Musdrikah mengatakan bahwa dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari kadang menimbulkan kejenuhan bahkan menimbulkan tekanan psikis. Makanya, diusahakan seminggu sekali warga harus melakukan olahraga.

“Kegiatan senam pagi ini sangat tepat untuk memulihkan kebugaran, setelah melakukan pekerjaan yang rutin setiap harinya,” tuturnya

Selain itu Musdrikah juga mengucapkan terima kasih kepada KUA Kecamatan Jebres yang telah meluangkan halamanya untuk kegiatan senam pagi untuk para warga. Harapanya agar kerjasama antara KUA kecamata Jebres denga Puskesmas Purwodiningratan akan semakin terbina.

Salah satu peserta senam pagi, Suteng Suriyanto, mengucapkan terima kasih pada KUA karena telah memberikan fasilitas tempat.” Saya merasa senang mengikuti kegiatan senam ini,” pungkas dia. (cip-rma/wul)