MAN 2 Pati Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun

Pati – Ratusan Peserta Didik MAN 2 Pati di Tayu  merayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se dunia yang dilaksanakan pada 14 Oktober 2017 di Halaman  MAN 2 Pati. Untuk mensosialisasikan pentingnya mencuci tangan pakai sabun se-dunia ini, anak-anak akan mempraktekkan enam langkah yang benar mencuci tangan memakai sabun. Demikian disampaikan Kepala MAN 2 Pati Sutarmo saat kami temui di sela-sela kegiatan cuci tangan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DKK Kabupaten Pati, yang diwakili dr. Joko Subiyono dan Kepala Puskesmas Tayu I, Mustain.

dr. Joko dalam sambutannya mengatakan : Kegiatan ini untuk pertama kalinya diadakan di Kabupaten Pati dengan menunjuk MAN 2 Pati sebagai tempat pelaksanaan.

Saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit. Perubahan gaya hidup masyarakat ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) dalam 30 tahun terakhir. Pada era 1990-an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Tuberkulosis (TBC), dan Diare. Namun sejak 2010, penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, Jantung, dan Kencing manis memiliki proposi lebih besar di pelayanan kesehatan. Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan negara, terang Joko

Untuk itu diadakah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), imbuhnya.

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:

1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,

2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan

3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Adapun Aktifitas fisik yang dilakukan adalah senam Maumere, paparnya lebih lanjut.

Kegiatan cuci tangan ini, selain diikuti peserta didik MAN 2 Pati, DKK melalui Puskesmas Tayu I Pati juga mengundang Peserta Didik dari berbagai SMA, SMK dan MA se Kecamatan Tayu. Yang di ikuti oleh 400 peserta. Yang terdiri dari 200 siswa MAN 2 Pati dan 200 siswa perwakilan dari 20 SMA/MA se kecamatan Tayu. (Nasik/Athi’/bd)