Marching Band MTsN 3 Rembang  Tampil di Upacara Detik-Detik Proklamasi

Rembang – MTsN Sulang ditunjuk menjadi Koorsik upacara Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia yang berlangsung tadi pagi (17/8/2018) di alun-alun Rembang. Dalam upacara tersebut, 52 personil Marching Band MTsN 3 Rembang menampilkan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Marching band ini tampil sebagai Koorsik pada upacara pengibaran bendera dan detik-detik Proklamasi pada pagi hari pukul 10.00 WIB dan upacara penurunan bendera pada sore hari pukul 16.00 WIB.

Kepala MTsN 3 Rembang, Warsan menyatakan kebanggaan atas 52 personil marching band yang telah ditunjuk untuk tampil di acara bergengsi tingkat Kabupaten ini. “Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami bisa tampil di perhelatan upacara paling besar,” kata Warsan.

Pembina marching band MTsN Sulang, Burhanudin mengatakan, 52 personil ini terdiri atas 12 siswa pembawa terompet caveleri, 12 siswa pembawa belira, 18 siswa pembawa perkusi, 12 siswa pembawa CG, dan dua siswi sebagai mayoret.

Burhanudin mengatakan, sebelumnya diadakan seleksi oleh panitia di kecamatan-kecamatan. “Tampilnya kami di momen ini bukan asal pilih. Melainkan telah melewati seleksi dari panitia,” kata Burhanudin.

Untuk tampil sempurna, tim marching band ini telah mengadakan latihan selama satu bulan lamanya. Pelatih pun didatangkan dari Kabupaten Demak, yaitu Nurdin yang berprofesi sebagai seniman.

“Selama sebulan itu kami terus berlatih secara maksimal,” ujarnya.

Marching Band MTsN Sulang ini memang telah beberapa kali tampil di upacara HUT RI kecamatan Sulang. Selain itu, kerap juga tampil di berbagai acara di tingkat kecamatan maupun undangan dari masyarakat.

Untuk diketahui, upacara pengibaran bendera ini diikuti oleh ribuan peserta dari jajaran Forkompinda, OPD, ormas, dan tokoh agama da tokoh masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz. Sementara Pembukaan UUD 145 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Majid Kamil, dan doa disampaikan oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah. — iq/bd