MGMP MTs Kab Pati Susun Soal USBN

Pati – Setelah mengikuti sosialisasi penyusunan soal dan menerima kisi kisi dari pusat, puluhan guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Pati menyusun soal bersama, bertempat MTsN 3 Pati, Sabtu (10/3/2018)

Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak menjelaskan, Ujian akhir sekolah berstandar nasional adalah kegiatan ujian 6 mata pelajaran (Bahasa indonesia, matematika, IPA, Bahasa Inggris, IPS, dan PPKN) yang 25% soalnya berasal dari pusat, dan 75% dari lembaga pendidikan, urainya.

Soal disusun berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan oleh Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP), ujar Syafak.

Menurutnya, Madrasah diberi kewenangan menyusun soal sebanyak 75%. Dan 25% sisanya disusun oleh BSNP. Bentuk soal ujian tahun ini berupa pilihan ganda dan essay.

Soal yang tersusun akan digunakan pada ujian tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Pati (USBN) yang digelar pada April mendatang, ucap Syafak.

Guna menjaga kualitas soal yang akan diujikan, maka MGMP Tingkat Kabupaten menyusun soal yang 75% secara bersama, imbuhnya.

Dijelaskannya, Guru yang menyusun soal berasal dari perwakilan beberapa madrasah sesuai kompetensi yang dimiliki. Soal yang tersusun diharapkan benar-benar mampu mengukur kemampuan peserta didik sesuai standart kompetensi yang ada, tandasnya. (Athi’/bd)