MTs Negeri 2 Banjarnegara Jadi Madrasah Riset

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara merupakan salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai madrasah riset, sesuai SK Nomor 6989 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah. Madrasah riset ini adalah konsep pengembangan madrasah yang mendorong penyelenggaraan riset oleh peserta didik.

Pada konteks ini, peserta didik yang berperan sebagai motor utama untuk melakukan penelitian dalam bidang keagamaan, sosial humaniora, rekayasa, dan sains. Sejak SK diturunkan pihak madrasah sudah melakukan berbagai cara agar madrasah riset tersebut berjalan. Seperti membentuk kelas riset untuk peserta didik yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar tentang riset itu sendiri.

Wangid Sunandar selaku waka kurikulum MTs Negeri 2 Banjarnegara saat di konfirmasi di ruang Guru Selasa ini (15/6) mengatakan bahwa untuk menjalankan madrasah riset ini pihak madrasah sudah memilih guru-guru pembimbing untuk membantu para peserta didik, sesuai dengan bidang penelitian yang mereka pilih.

Selain itu, terdapat pelatihan untuk para guru tersebut sebelum berhadapan langsung dengan peserta didik. “Besar harapan madrasah terhadap program pengelolaan madrasah riset ini sehingga mampu menghasilkan penelitian yang berguna bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Kepala madrasah Ratna Ayu Kartika Wulan, “melalui implementasi madrasah riset, peserta didik akan berlatih untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang dihadapinya di kehidupan sehari-hari dengan pengetahuan yang dipelajarinya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan penelitian riset dari peserta didik juga dapat memberikan sumbangan atau kontribusi praktis bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain workshop yang dilakukan pihak madrasah untuk guru-guru pembimbing, workshop juga akan dilakukan untuk seluruh siswa yang mengikuti kelas riset yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Juni 2021 tentu dengan harapan peserta didik yang mengikuti acara tersebut mampu memiliki sikap ilmiah layaknya seorang peneliti muda yaitu obyektif, jujur, mempunyai rasa ingin tau, berfikir ilmiah, terbuka, dan berani mempertahankan kebenaran. (Sum/mnh/rf)