Parade Ekskul Dan Ayo Membaca Bersama Solopos di MTsN Surakarta 1

Surakarta  – Menutup Masa  Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama)  MTs N Surakarta 1 menggelar parade ekstra kurikuler yang digelar di halaman sekolah ini berjalan dengan lancar, Rabu (18/7). Semua warga sekolah berpartisipasi dalam acara ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan ekstra kurikuler serta organisasi di madrasah agar siswa lebih aktif dalam bersosialisasi.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan mars MTs yang dipimpin oleh Joko Sutopo, selaku Pembina ekskul musik. Selain parade ekskul digelar pula kegiatan “Ayo Membaca” bersama Solopos.. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membudayakan kebiasaan membaca di kalangan pelajar.

“Membaca itu sangat penting, dengan membaca kita mendapat banyak pengetahuan dan selayaknya kita menanamkan hobi membaca sejak dini,” ujar Kirno Suwanto,” Kepala Madrasah dalam sambutannya.

Wartawan Solopos membagikan koran  pada siswa dibantu anggota OSIS. Kemudian para siswa diberi waktu 15 menit untuk membaca koran minimal 1 halaman. Setelah membaca koran, beberapa siswa diberi pertanyaan tentang isi koran yang telah dibaca sebelumnya. Selain siswa beberapa guru juga diminta maju ke depan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh wartawan Solopos.

Selanjutnya, usai kegiatan “Ayo Membaca” bersama Solopos, parade ekskul pun dimulai. Penampilan pertama diisi  baris berbaris dan variasi dari tim paskibra MTsN Surakarta 1. Penampilan tim Paskibra mendapat sambutan yang luar biasa dari seluruh siswa. Variasi gerakan yang sangat kompak memukau seluruh siswa. Tepuk tangan dan decakan kagum dari peserta Matsama yang baru pertama kali melihat penampilan tim Paskibra MTsN Surakarta 1. Penampilan drama dari tim jurnalis dan fotografer Majalah Mutiara yang menceritakan proses peliputan  sampai penerbitan berita juga disimak oleh peserta Matsama. Fotografer yang beraksi mengabadikan momen Matsama. Terlihat beberapa siswa sudah mulai tertarik dengan beberap ekskul yang sudah tampil. Mereka mulai berbincang dengan teman disamping kanan dan kirinya tentang salah satu ekskul yang akan diikutinya. Acara dilanjutkan   dengan permainan bola basket. Permainan ini dimainkan tim Drawinska Basketball. Sorak sorai menggiringi permainan basket tersebut. Ketika bola berhasil dimasukkan ke ring basket suasana bertambah meriah. Selain itu kekompakan anggota Dewan Penggalang,juga menarik perhatian penonton. Dewan Penggalang MTsN Surakarta  berhasil menjuarai beberapa lomba pramuka baik tingkat kota maupun provinsi. Perform terakhir dari PMR (Palang Merah Remaja) yang memberikan tips bermanfaat dan diakhiri dengan pembagian  segelas jus menyehatkan pada peserta Matsama.

Parade ekskul dan kegiatan “Ayo Membaca” bersama Solopos hari ini menutup  Matsama MTsN Surakarta 1. Matsama yang berlangsung dari tanggal 16-18 Juli berjalan dengan sukses dan lancar.  Kegiatan yang berujuan untuk mengenalkan madrasah dan kegiatan madrasa terselesaikan sesuai dengan jadwal yang disusun panitia. Mulai besok pagi tanggal 19 Juli 2018 kegiatan belajar mengajar sudah berjalan seperti biasa. (rma/Wul)