Perkuat Kebanggan Kepada Madrasah, KKM MI Adakan Lomba Paduan Suara Nyanyikan Hymne Madrasah

Sragen – Seni adalah manifestasi keindahan manusia yang diungkapkan melalui penciptaan suatu karya seni. Seni lahir bersama dengan kelahiran manusia. Keduanya erat berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Dimana ada manusia disitu ada kesenian. Demikian diutarakan Kakankemenag Sragen H. Hanif Hanani saat memberikan sambutan dalam lomba paduan suara yang diadakan KKM MI Kabupaten Sragen di Aula 2 Kankemenag Sragen, Kamis (20/12).

“Kesenian adalah satu kebutuhan dasar manusia. Kesenian itu timbul karena manusia selalu ingin yang indah, dengan jalan menciptakan sesuatu yang indah. Karena keindahan selalu menimbulkan kebahagiaan dan sebagai kodratnya, manusia ingin bahagia” tutur Hanif.

Kakankemang juga menyampaikan apresiasi kepada KKM MI yang begitu kreatif dan aktif dalam memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Berbagai kejuaraan selalu digelar.

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Madrasah Ibtidaiyah di Sragen, khususnya para pengurus KKM MI yang begitu kreatif dan aktif dalam memeriahkan HAB Kemenag, selalu banyak kejuaraan yang digelar, selain lomba mapel, olahraga dan juga seni seperti lomba paduan suara hari ini,”ujar Kakanakemenag.

Ketua panitia lomba H. Gimin  menyampaikan dalam laporannya bahwa lomba paduan suara yang digelar untuk pertama kali itu diikuti 10 tim perwakilan dari tiap KKM Kecamatan. Setiap tim yang terdiri dari 15 orang tersebut menyanyikan hymne madrasah. Gimin juga menyampaikan bahwa untuk menjaga netralitas dan kualitas lomba panitia menunjuk tim juri dari UNS.

“Geliat KKM kecamatan dalam mengikuti lomba begitu terlihat, karena setiap kecamatan telah berlatih beberapa waktu dan tentu ini sangat kompetitif. Agar hasil penilaian benar-benar akurat dan adil, maka kami bekerjasama dengan teater “Pecas Ndahe” dari UNS untuk menjadi juri” kata Gimin.

Gimin juga menyatakan bahwa dengan lomba ini diharapkan agar rasa memiliki terhadap madrasah serta kebanggan kepada madrasah semakin tertanam di hati para guru madrasah.

Setelah perlombaan selama sekitar 4 jam, panitia memutuskan juara lomba paduan suara adalah KKM MI Sidoharjo, disusul KKM MI Miri dan juara 3 adalah KKM MI Mondokan. (ira1/Wul)