Pokjaluh Gelar Pelatihan Bagi Panitia dan Panitera MTQ,STQ dan MHQ Tingkat Kabupaten Batang.

Batang – MTQ, STQ dan MHQ yang akan digelar di tingkat Kabupaten Batang pada hari sabtu 13 Oktober 2018 yang akan datang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Baik dari segi lokasi lomba, format penilaian maupun rangakaian kegiatanya. MTQ tahun ini akan di awali dengan pawai ta’aruf dan defile dari masing-masing kafilah  Kecamatan se- kabupaten Batang sebelum lomba dilaksanakan, untuk mempersiapkan perubahan tersebut, maka pokjaluh kabupaten Batang menggelar acara pembinaan dan pelatihan bagi panitia dan panitera MTQ Kabupaten Batang pada Kamis (04/10) di Mushola Kemenag Kab Batang yang lalu.

Ketua pokjaluh Kab. Batang Al Mukaromah dalam pembinaannya menyatakan, bahwa penyuluh menjadi bagian terpenting dalam suksesnya MTQ di tingkat kabupaten Batang. Diharapan nantinya, agar syiar Islam dan lantunan-lantunan indah bacaan alqur’an terus menggema di masyarakat.

“Penyuluh menjadi bagian terpenting dalam mensukseskan kegiatan itu, apalagi ditahun ini kita dihadapkan pada rencana penyelenggaraan yang sangat berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, untuk itu kesiapan kita harus dimulai dari sekarang”, katanya

Sementara itu Kasi. Bimas Islam Darwanto,yang mewakili Kepala Kantor mengatakan bahwa MTQ, STQ dan MHQ sungguh merupakan suatu agenda besar yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Batang, khususnya bagi para Qori/Qori’ah, dan Hafidz/Hafidzah, untuk itu dia berpesan agar panitia dan panitera dalam hal ini para Penyuluh Agama Islam, harus bekerja secara professional dalam menjalankan tugasnya.

“MTQ,STQ dan MHQ merupakan agenda besar yang selalu dinanti oleh masyarakat khususnya  para qori,qoriah,hafidz dan hafidzah, maka panitia dan panitera harus benar-benar bekerja secara serius dan profesional”, pesannya

Pembinaan dan pelatihan bagi panitia dan panitera MTQ ini diikuti oleh 17 Penyuluh fungsional Kementerian Agama Kab. Batang, dan menghasilkan  kesepakatan beberapa hal antara lain; Pertama pendaftaran tahap pertama dilakukan bentuk email satu minggu sebelum hari pelaksaanaan. sedangkan tahap kedua akan dibarengkan pada saat pengambilan maqro atau undian sekaligus menyerahkan berkas persyaratan peserta MTQ, STQ dan MHQ. Kedua, peserta defile/pawai ta’aruf, maksimal 35 orang dan menampilkan kreasi seni dalam bentuk karnaval yang menarik dan meriah, karena akan dinilai dan diberi hadiah langsung oleh Bupati Batang (Zy/rf)