Ratusan Santri Kabupaten Batang Ikuti Acara Jateng Bersholawat Secara Virtual

* Salah satu tayangan kegiatan Jateng Bersholawat, hadir secara luring Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta diikuti oleh para santri.

Batang – Memenuhi undangan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng untuk mengikuti Jateng bersholawat secara virtual yang dilaksanakan di gedung Bustanul Asyiqin Surakarta pada Sabtu (28/08) mulai jam 19.00 WIB, puluhan Pondok Pesantren di Kabupaten Batang  dengan antusias mengikuti kegiatan itu di Pondoknya masing – masing.

Menurut pelaksana PD. Pontren Siswoyo yang bertanggung jawab atas kegiatan itu, menjelaskan bahwa pihaknya setelah menerima disposisi dari kepala Kantor dan Kepala Seksi PD. Pontren saat itu juga menindak lanjuti surat tersebut pada seluruh Pondok Pesantren se Kabupaten Batang.

“ Setelah kami menerima disposisi dari Kepala Kantor dan Kasi PD.Pontren perihal permohonan menghadirkan semua Pondok Pesantren sebagai peserta kegiatan Jateng bersholawat, saat itu juga kami menghubungi seluruh Pondok Pesantren,” kata Siswoyo.

Dia juga menambahkan bahwa Pondok Pesantren yang dihubungi via WA grup itu secara serentak menanggapi dan akan segera menyiapkan perangkatnya agar para santri dapat mengikuti Jateng Bersholawat itu.

“ Ratusan santri pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021 mengikuti acara Jateng Bersholawat itu secara virtual di Pondoknya masing-masing, ada yang memanfaatkan layar lebar maupun fasilitas Komputer maupun Hp yang ada, semua atas perintah dari para Ustadz di pondoknya masing-masing,”tambahnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pendididikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Sugiedi yang dihubungi secara terpisah menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pengasuh Pondok Pesantren agar semua santri dapat mengikuti kegiatan Jateng Bersholawat sesuai permintaan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“ Kami telah menghubungi seluruh pengasuh Pondok Pesantren di Kabupaten Batang, agar para santri dapat mengikuti kegiatan Jateng Bersholawat secara vertual yang  ditayangkan lewat youtube itu, semoga Allah SWT memberikan rahmat dan kesehatan serta covid-19 segera berakhir dari bumi Indonesia,” H. Sugiedi.

* Salah satu santri di Pondok Pesantren antusias mengikuti kegiatan Jateng Besholawat

Dia menambahkan bahwa sejak tahun yang lalu saat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Doa bersama, pihaknya juga selalu tidak pernah absen, bahkan para pengasuh pondok pesantren sangat antusias dalam kegiatan seperti itu.

“ Kita selalu berkoordinasi secara sinergis pada seluruh pondok pesantren, sehingga tiap kegiatan baik yang diselenggarakan oleh Pusat, Kanwil maupun Kemenag Kabupaten pihak pondok selalu mendukung dan mengikuti, bahkan tahun yang lalu saat Pemerintah Privinsi Jawa Tengah selalu melaksanakan kegiatan doa bersama, semua pondok pesantren selalu mengikuti,” tegasnya.

Kasi PD.Pontren juga menyampaikan bahwa kegiatan Jateng Bersholawat yang diikuti oleh seluruh santri dan pelaksana PD.Pontren itu sudah dilaporkan pada bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Jawa Tengah pada malam itu juga.

Salah satu pernyataan dari Kepala Program Ulya Ky.Mughdofar Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Kandeman menjelaskan bahwa pondoknya setiap malam selesai salat Isya berjamaah, para santri selalu melakukan kegiatan dzikir bersama. Menurutnya pada malam ini para santri tetap berhimpun di Masjid, dimana selain untuk mengikuti dzikir bersama juga sekalian kita tayangkan kegiatan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Jateng Bersholawat .

“ Santri kami sudah biasa melakukan rutinitas setelah salat Isya berjamaah, dilanjutkan melakukan dzikir bersama, nah kebeneran ada undangan untuk mengikuti kegiatan Jateng Bersholawat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, maka para ustadz menyiapkan perangkat laptop dan proyektor agar para santri dapat mengikuti kegiatan itu,” pungkasnya. ( Siswoyo/Zy )