Sajikan Emis Dengan Valid

Rembang – Pengisian data Emis pada bidang pendidikan Agama Islam harus disajikan dengan valid. Hal ini penting mengingat banyaknya fungsi Emis untuk kepentingan pendidikan Agama Islam di sekolah umum

Demikian disampaikan oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah pada kegiatan Sosialisasi Emis bagi Guru PAI di sekolah umum yang diselenggarakan di Hotel Fave Rembang, baru-baru ini.

Atho’illah menjelaskan, Emis ini penting digunakan untuk program sertifikasi guru, verifikasi dan validasi NRG dan Inpassing, serta pemetaan pendistribusian guru. “Tercapainya data pendidikan Agama Islam yang valid akan mewujudkan kualitas pendidikan Islam yang baik pula,” kata Atho’illah.

Dengan terdeteksi guru-guru PAI, sambung Atho’illah, maka pemerintah akan memperhatikan dan mengupayakan kesejahteraan guru  sebagai faktor keberhasilan pendidikan Islam.

Atho’illah juga menandaskan, pembangunan pendidikan Islam menjadi concern Kementerian Agama. Sebab, pendidikan agama merupakan pondasi pendidikan karakter bangsa.

Dijelaskan Atho’illah, pemerintah melakukan pengelolaan pendidikan Islam mengacu pada beberapa prinsip, yaitu memperkuat ciri khas keagamaan dan lifeskill sebagai faktor keunggulan minimal pada satuan pendidikan Islam, mengoptimalkan peran pendidikan Islam dalam pengembangna keagamaan, kesejahteraan sosial, serta kesatuan dan persatuan bangsa.

Kasi PAIS Kankemenag Kabupaten Rembang, Rofiatun mengatakan, sosialisasi Emis yang diikuti oleh 50 guru PAI dan pengawas PAI ini menghadirkan narasumber Kakankemenag Kabupaten Rembang ATho'illah, Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Moch Arief Zaini, Pengelola data PAIS Kanwil Kemenag Jawa Tengah Much Andilala. 

Berdasarkan data Kemenag Rembang 2018, jumlah sekolah umum sebanyak 468 sekolah, dengan rincian 375 SD, 55 SMP, 15 SMA, dan 23 SMK. Sebanyak 433 di antaranya negeri, dan 35 swasta. — ss/bd