Sambut HAB Kemenag ke 72 IGRA Sragen Adakan Manasik Massal

Sragen – Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 72 sebentar lagi akan tiba. Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) sebagai salah satu organisasi professional guru Raudlatul Athfal sangat bersemangat menyambutnya.  Dalam rangka menyambut HAB Kemenag ke 72 IGRA mengadakan manasik haji massal siswa RA/BA  se Sragen di Asrama Haji Donohudan Surakarta (22/10).

Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah walaupun dalam suasana gerimis. Hal tersebut terbukti dengan antusiasme dari peserta yang mencapai 4. 000 lebih yang terdiri dari siswa, guru dan orangtua. Pada manasik tersebut 1 pengawas madrasah dan 4 kepala madrasah yang berpengalaman menjadi pembimbing haji menjadi pembimbing manasik.

Menurut ketua IGRA Kabupaten Sragen Robikah, kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai dan  karakter pada anak se dini mungkin.

“Manasik haji ini kami maksudkan agar sejak dini tertanam kepribadian Islam sejak dini, sehingga mereka mencintai ajaran Islam, berbakti  kepada kedua orang tuanya dan menghormati guru” kata Robikah.

Sedangkan H. Rokhmadi, Pengawas madrasah yang juga ikut membimbing pelaksanaan kegiatan mewakili Kasi Pendidikan Madrasah mengungkapkan bahwa kegiatan ini positif dan perlu terus dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk praktik pengamalan ajaran Islam.

“Kegiatan manasik haji untuk anak ini perlu selalu diadakan, agar anak paham bahwa Haji adalah satu rukun Islam, sehingga pengamalan ajaran dari rukun islam itu perlu diajarkan melalui praktik semacam ini, termasuk juga rukun islam yang lain baik sholat, puasa maupun haji” harap Rokhmadi. (rbkh/ira1).