Sampaikan Kebijakan Kementerian Agama Pada Masyarakat, Penyuluh Kunjungi Para Kyai Dan Tokoh Agama

Batang – Melaksanakan pelayanan konsultasi adalah salah satu tugas pokok penyuluh agama Islam, Kedekatan dengan tokoh Agama merupakan hal yang harus dilakukan oleh oleh Penyuluh Agama sebagai upaya menggali informasi dalam melaksanakan identifikasi wilayah binaan atau sasaran.  Sebagaimana yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Warungasen melakukan kunjungan pada tokoh Agama maupun tokoh masyarat di wilayah binaannya, diantaranya tokoh yang ia kunjungi adalah Ky. Asmuni, dan H. Fudli di Desa Masin pada Kamis ( 3/06) kemaren.

Kordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Warungasem Munadirin dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya bisa melakukan kunjungan pada semua tokoh agama dan tokoh masyarakat diwilayahnya, selain untuk silaturahmi, menurutnya kunjungan itu juga digunakan untuk melakukan sosialisasi tentang kebijakan pemerintah.

“ Kehadiran kami selain bersilaturahmi, juga untuk ngangsu kaweruh pada Bapak. Kyai baik yang berkaitan dengan keagamaan maupun kemasyarakatan, Penyuluh Agama bertugas melaksanaan kepenyuluhan pada masyarakat, maka kami meminta ijin dan bantuannya agar Bapak Kyai dapat bersinergi dengan kami,” kata Munandirin.

Sementara itu kepala KUA Kecamatan Warungasem H. Suharjono dalam tanggapanya mengatakan bahwa para penyuluh memang harus melakukan penetrasi langsung di masyarakat, kunjungan pada tokoh agama dan tokoh masyarakat alah satunya. Acara itu memiliki manfaat yang strategis karena semua kebijakan kantor akan dapat disampaikan langsung pada para tokoh sehingga masyarakat mengetahui program-program pemerintah.

“ Langkah yang dilakukan oleh Munandhirin,  Penyuluh Agama Islam Kecamatan Warungasem merupakan langkah yang bagus, kami berharap langkah kunjungan pada tokoh masyarakat maupun tokoh Agama dapat dilakukan sencara kontinyu sehingga dapat membangun jalinan, hubungan baik antara KUA sebagai unit kerja Kementerian Agama dengan masyarakat, dengan demikian masyarakat pun akan mudah mendapatkan informasi tentang pelayanan yang ada di KUA sebagai tangan panjang Kementerian Agama dan informasi pelayanan KUA pun bisa disampaikan lewat komunikasi dua arah antar Penyuluh Agama dan masyarakat diluar kantor,” jelas H. Suharjono .

Kyai Asmuni tokoh agama desa Masin Kecamatan Warungasem yang menerima kehadiran Penyuluh, menyampaikan rasa terimakasih dan senangnya atas silaturahmi ini, menurutnya para petugas pemerintah memang seharusnya secara intensif mengajak berbicara dan berdiskusi pada masyarakat, agar dapat terjalin komunikasi yang baik.

“Saya berterima kasih kepada Penyuluh Agama Islam yang sudah berkenan bersilaturrahmi kesini, dan semoga kedepan penyuluh lebih pro aktif menyampaikan program-program pemerintah terutama kementerian agama,” Harap Asmuni. (munandirin / Zy )