SIDAK; KUA harus intens berkomunikasi dengan Kemenag

Wonosobo – Segenap jajaran dari Unit Kepegawaian, Perencanan dan Sub Bag TU Kankemenag Wonosobo, melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke KUA-KUA se-Kabupaten Wonosobo, Senin (10/4). Sidak yang dimulai sejak pagi ini, bertujuan untuk memastikan, seluruh petugas KUA, telah bekerja maksimal dalam melayani masyarakat.

“Yang kita pantau meliputi ketertiban, kedisiplinan dan efektivitas kerja petugas KUA di kecamatan,” Ujar Kasubag TU, Cahyo, disela persiapan sidak, pukul 06.00 WIB.

Dikatakan, sidak yang dilakukan Kemenag ini sekaligus menjadi gebrakan baru, khususnya dalam mengingatkan pegawai ASN Kemenag, atas tanggung jawab dan tugas yang harus mereka emban. “Setidaknya dengan adanya sidak, bisa menyegarkan ingatan para petugas KUA atas tanggung jawabnya sebagai ASN di bawah Kemenag,” ujarnya.

Selain sisi kualitas layanan (pribadi petugas), kelayakan kantor KUA dan perangkat pendukung, juga ikut dipantau dalam sidak tersebut. Mengenai kantor dan perangkat pendukung, dikatakan Cahyo, masih layak, kendati di beberapa KUA, masih perlu ditata dan perbaiki.

“Secara umum, seluruh kantor KUA di Wonosobo masih layak huni,” katanya singkat, seusai melakukan sidak.

Mengenai upaya peningkatan layanan KUA, sambung dia, terdapat satu catatan penting. Yakni, pihak KUA, harus lebih intens berkomunikasi dengan Kemenag. Tujuannya, ketika terdapat kendala dalam melayani masyarakat, bisa dengan mudah dicarikan solusi.

“Hasil sidak ini, akan ditindaklanjuti oleh seksi terkait di lingkungan Kemenag,” ucap Cahyo.

Untuk diketahui, kegiatan sidak dilakukan dini hari pukul 05.30 WIB. acara sidak dimulai dengan apel pagi, yang dilaksanakan di halaman Kemenag. Rangkaian sidak sengaja dimulai pagi buta, dengan maksud seluruh kantor KUA yang berjarak cukup jauh tersebut bisa semuanya terjangkau. (Humas/Af)