Sinergi Antara Penyuluh Agama, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa

Pemalang – Dalam pelaksanaan tugas memberikan penyuluhan agama kepada masyarakat, tak jarang penyuluh agama mempunyai tujuan yang sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Guna meningkatkan koordinasi lintas sektoral dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, Kankemenag Kabupaten Pemalang mengumpulkan ketiga unsur dalam satu kegiatan.

Kegiatan tersebut adalah pembinaan dan peningkatan kompetensi Penyuluh Agama Islam, Kamis (25/10) di Balai Bhayangkara Polres Pemalang. Kegiatan diikuti oleh Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Kankemenag, Kanit Binmas Polres Pemalang, dan Babinsa Kodim 0711/Pemalang. Kegiatan turut dihadiri Kepala KUA se-Kabupaten Pemalang, Ketua MUI Kabupaten Pemalang, dan Ketua FKUB Kabupaten Pemalang.

“Terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang dengan Polres Pemalang dan Kodim 0711/Pemalang. Kerjasama ini antara lain dalam rangka mewujudkan Kabupaten Pemalang yang aman dan damai”.

Demikian ungkapan terima kasih yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag, Taufik Rahman saat memberikan sambutan. Salah satu bentuk kerjasama antara Kankemenag, Polres, dan Kodim adalah dalam kegiatan safari sholat Jumat setiap pekan. Dalam kegiatan yang diadakan oleh Kankemenga tersebut, anggota Polres maupun Kodim senantiasa mengikutinya. Bahkan mereka bertugas sebagai khatib sholat Jumat.

Sementara itu, Kapolres Pemalang AKBP Agus Setiawan HP menyampaikan kegiatan pembinaan dan peningkatan kompetensi Penyuluh Agama Islam dengan mengundang Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai upaya sinergi dari ketiga elemen.

“Terima kasih atas inisiasi Kankemenag dengan melaksanakan kegiatan di Mapolres Pemalang. Hal ini didasari bahwa dalam pelaksanaan tugas Penyuluh di lapangan, berhubungan dengan jajaran Polres dan Kodim sehingga perlu adanya sinergi,” kata AKBP Agus.

Terkait kegiatan sholat Jumat, pihaknya mendukung langkah Kankemenag. Polres Pemalang berupaya agar jajarannya bisa menjadi khotib dan imam sholat Jumat.

“Saya menginginkan agar jajaran Polres Pemalang khususnya Bhabinkamtibmas bisa menjadi khotib dan imam sholat Jumat. Polres Pemalang telah melakukan pelatihan khutbah dengan bekerjasama dengan Kankemenag,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, AKBP Agus meminta agar Penyuluh Agama Islam memberikan informasi yang menyejukkan, bukan memberikan informasi yang fakta kebenarannya belum diketahui. (fi/rf)