Tingkatkan Kompetensi Dengan Workshop Menggambar dan Mewarnai

Temanggung – Menjadi guru harus menjadi pembelajar, maknanya bahwa setiap guru jangan pernah berhenti belajar walaupun dia sebagai pengajar. Dengan semakin banyak belajar, maka akan semakin meningkatkan pengalaman dan kepercayaan diri guru dalam melaksanakan tugasnya. Workshop ini bertujuan memberikan kesempatan untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap individu sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan di sekolah. Di samping itu, juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, akan jaminan keamanan, sosial, pengakuan dan penghargaan, kesempatan mengembangkan diri.

Demikian yang disampaikan ketua YPMNU Kabupaten Temanggung, Hj. Chosijah, saat membuka Workshop menggambar untuk Kepala RA se Kabupaten Temanggung, Senin (15/10), yang berlangsung di Kampus STAINU, Temanggung. Kegiatan yang diikuti oleh 156 peserta ini menghadirkan narasumber, Widodo, S.Pd., guru senirupa dari Kecamatan Kedu.

Menurut Sri Sulastri, selaku ketua Panitia menyampaikan, bahwa kegiatan workshop tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi profesional para guru Raudlatul Atfal dalam bidang melukis dan mewarnai. Menggambar ternyata merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari oleh anak-anak. Aktivitas ini bisa membuat anak-anak gembira sekaligus merangsang kreativitas mereka. Sayangnya, tidak semua Guru RA mempunyai kemampuan menggambar. Padahal anak-anak didik mereka sering minta dibuatkan gambar tertentu, terutama karakter binatang atau tumbuh-tumbuhan.

“Karena selama ini guru RA sangat terbatas ketrampilan dalam hal tersebut, akibatnya belum bisa maksimal dalam mengembangkan kemampuan motorik anak dalam melukis dan mewarnai,” ujar Sri Sulastri.

Acara yang berlangsung sehari tersebut diikuti dengan antusias tinggi oleh para peserta. Widiyatun, salah satu peserta workshop merasakan manfaatnya kegiatan tersebut.”Salah satu kesulitan saya dalam mengajar di RA adalah ketika harus memberi contoh untuk mewarnai dan melukis dengan benar, dengan kegiatan ini saya menjadi lebih tahu teknik mewarnai dan melukis yang sesuai,” ujarnya.(sr/sua)