MIN Kota Semarang Belajar Langsung Mengenal Hewan Di Taman Margasatwa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Siswa umumnya lebih mudah mencerna pelajaran yang disampaikan secara langsung daripada hanya sekedar menerima penjelasan guru di dalam kelas. Sebagai lembaga pendidikan yang berpegang pada prinsip tersebut, MIN Kota menggelar Field Trip kelas 3 di Taman Margasatwa Semarang dengan tema mengenal binatang dan cara perkembangbiakannya, Rabu (20/3).

Kegiatan yang diikuti siswa kelas III. A dan B sebanyak 72 siswa didampingi 2 guru kelas dan 8 orangtua sebagai panitia, merupakan program yang sudah terjadwal dan teragendakan pada Kalender Pendidikan MIN Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Menurut  seorang guru yang mendampingi acara tersebut, Moh Akhlis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk  melatih kemandirian anak,  juga agar bisa melihat binatang secara nyata/langsung, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan yang termasuk di dalamnya adalah aneka binatang.

“Kami latih kemandirian anak dengan cara mengamati aneka binatang dan berikutnya mereka  membuat laporan yang  isinya tentang nama binatang, makanan, dan cara berkembang biaknya,” tutur Moh Akhlis.

“Pada puncak acara kami suguhi Kuiz Sang Juara untuk mengasah seberapa jauh anak-anak menggali informasi dari apa yang mereka lihat, amati, dan alami secara langsung,” tambahnya.

Satu hal yang menarik menurut Baedhowi guru kelas 3.A, adalah bahwa kegiatan ini melibatkan orangtua yang berperan dalam mengurus segala persiapan mulai dari pendanaan, trasportasi, makanan, sampai pada tiket masuk lokasi. Bahkan mereka juga membantu mengkondisikan anak pada saat berada di tempat lokasi.

“Berkat jalinan kerja sama yang erat antara madrasah dan orangtua siswa akhirnya pembelajaran di luar kelas dapat terlaksana dengan lancar, sukses, tanpa suatu aral apapun. Semoga memberi  manfaat kepada anak didik untuk mengenal binatang secara lebih dekat. Semoga para orangtua yang telah mensodaqohkan waktu, tenaga, dan pikirannya, dapat ridho dari Allah Swt.,” imbuhnya. (sby/bd)