Berita

Halaman Berita

MIN Kota Semarang Belajar Langsung Mengenal Hewan Di Taman Margasatwa

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Maret 2019

* Siswa MIN Kota Semarang sedang belajar langsung mengenal binatang di Taman Margasatwa Kota Semarang, Rabu (19/3)

Semarang - Siswa umumnya lebih mudah mencerna pelajaran yang disampaikan secara langsung daripada hanya sekedar menerima penjelasan guru di dalam kelas. Sebagai lembaga pendidikan yang berpegang pada prinsip tersebut, MIN Kota menggelar Field Trip kelas 3 di Taman Margasatwa Semarang dengan tema mengenal binatang dan cara perkembangbiakannya, Rabu (20/3).

Kegiatan yang diikuti siswa kelas III. A dan B sebanyak 72 siswa didampingi 2 guru kelas dan 8 orangtua sebagai panitia, merupakan program yang sudah terjadwal dan teragendakan pada Kalender Pendidikan MIN Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Menurut  seorang guru yang mendampingi acara tersebut, Moh Akhlis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk  melatih kemandirian anak,  juga agar bisa melihat binatang secara nyata/langsung, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan yang termasuk di dalamnya adalah aneka binatang.

“Kami latih kemandirian anak dengan cara mengamati aneka binatang dan berikutnya mereka  membuat laporan yang  isinya tentang nama binatang, makanan, dan cara berkembang biaknya,” tutur Moh Akhlis.

“Pada puncak acara kami suguhi Kuiz Sang Juara untuk mengasah seberapa jauh anak-anak menggali informasi dari apa yang mereka lihat, amati, dan alami secara langsung,” tambahnya.

Satu hal yang menarik menurut Baedhowi guru kelas 3.A, adalah bahwa kegiatan ini melibatkan orangtua yang berperan dalam mengurus segala persiapan mulai dari pendanaan, trasportasi, makanan, sampai pada tiket masuk lokasi. Bahkan mereka juga membantu mengkondisikan anak pada saat berada di tempat lokasi.

“Berkat jalinan kerja sama yang erat antara madrasah dan orangtua siswa akhirnya pembelajaran di luar kelas dapat terlaksana dengan lancar, sukses, tanpa suatu aral apapun. Semoga memberi  manfaat kepada anak didik untuk mengenal binatang secara lebih dekat. Semoga para orangtua yang telah mensodaqohkan waktu, tenaga, dan pikirannya, dapat ridho dari Allah Swt.,” imbuhnya. (sby/bd)


Dibaca sebanyak 59 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MTsN Surakarta 1 Beri Rewards Kepada 32 Siswa Berprestasi Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 18 April 2019

Calon Jemaah Haji Purbalingga Lunasi BPIH Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 April 2019

Gubernur Jateng Berikan Insentif Untuk Ustadz – Ustadzah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 18 April 2019

Informasi Penting


Pemanggilan Peserta Pelatihan PPIH AS tahun 2019 Subbag Inmas 01 - 13 April 2019


BPIH Haji 2019 Administrator - 24 Maret 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial