175 Piala untuk Pelajar dan Santri Juara Seni Budaya Islami Kecamatan Sawangan

Mungkid – Para pelajar dan santri di kecamatan Sawangan menerima Tropy kejuaraan Seni Budaya Islami di Taman Bundaran Panca Arga Ketep Pass, Rabu (09/05). Sebanyak 175 piala, piagam, uang pembinaan, kain batik diserahkan kepada para juara.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sawangan Atok Rahman Hakim, selaku koordinator kegiatan menyampaikan penyerahan tersebut merupakan wujud penghargaan atas prestasi yang telah diraih dari pelaksanaan Seleksi MTQ dan Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) Ke-II Kecamatan Sawangan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

“Pendidikan karakter harus dimulai sejak dini dan prestasi harus menjadi motivasi. Dalam upaya pembinaan karakter bernilai Islami berbasis sekolah formal, TPQ, Madin dan Pesantren dan peserta didik kami telah menyelenggarakan Seleksi MTQ pada 3 April 2018 lalu, serta FASI Ke-II pada tanggal 1 Mei 2018,” kata Atok.

Atok menyampaikan bahwa seleksi MTQ diikuti oleh 115 pelajar dan menghasilkan 29 kafilah untuk dikirim pada MTQ tingkat Kabupaten Magelang.

“Kecamatan Sawangan meraih 5 kejuaraan dan juara 1 Tahfidz untuk dikirim pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah. Secara umum memiliki peningkatan rangking pada tahun 2018,” katanya.

Sedangkan untuk kegiatan FASI diikuti oleh 55 Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) dengan jumlah 1.300 santri peserta dan pelatih. Alumni FASI tahun sebelumnya berhasil mewakili FASI Nasional di Banjarmasin Kalimantan untuk cabang lomba Tartil Quran golongan anak putra.

Penyerahan piala kejuaraan dihadiri oleh Camat Sawangan Wisnu Argo Budiono, dan Forkompincam Sawangan. Camat Sawangan menyampaikan potensi besar Kecamatan Sawangan dalam bidang seni budaya Islami yang dimiliki para pelajar dan santri perlu mendapatkan perhatian dan diharapkan ada kebijakan penganggaran. Ia mengharapkan kegiatan seni budaya Islami di kecamatan Sawangan dapat menumbuhkembangkan bakat dan minat generasi muslim dan diharapkan dapat memiliki semangat berprestasi hingga tingkat Nasional.

“Kami mengapresiasi Forum Koordinasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Quran (Badko TPQ), dan para donatur atas dukungan dan bantuan serta partisipasi semua elemen masyarakat Sawangan atas suksesnya kegiatan tersebut,” lanjut Atok (am/BD).