Aksioma Tingkat KKM MTs Negeri Majenang Diikuti 678 Peserta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Cilacap – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tahun 2017 tingkat KKM MTs Negeri Majenang, Cilacap resmi dibuka oleh Pengawas Kankemenag Kabupaten Cilacap, Adang, di halaman MTs Negeri Majenang, Sabtu (18/3).  Sebanyak 678 peserta  mengikuti event tahunan madrasah ini.

”Anak-anaku, kalian  merupakan siswa pilihan yang telah diseleksi di madrasah masing-masing untuk menjadi peserta Aksioma.  Tentunya kalian sudah menjalani proses latihan sehingga hari ini siap berkompetisi,” ujar Pengawas asli Garut tersebut saat menjadi pembina upacara pada pembukaan aksioma.

Dia menekankan agar para peserta saat mengikuti lomba menjunjung sportifitas. Begitu pula para juri saat melakukan penilaian dilakukan secara objektif dan mengedepankan integritas tinggi. “Kalau misal ada permasalahan dalam penjurian atau penilaian, silakan lakukan musyawarah mufakat antar panitia, para kepala MTs beserta Ketua KKM,” tuturnya.

Adang juga memaparkan bahwa nantinya para juara di setiap cabang lomba akan menjadi wakil KKM MTs Negeri Majenang untuk maju pada kegiatan yang sama di tingkat kabupaten Cilacap bulan mendatang.

Ketua Panitia Aksioma yang juga Kepala MTs YPI Limbangan Wanareja,  Jaenal Abidin, menjelaskan peserta Aksioma berasal dari 14 MTs. “Rincian peserta terdiri atas cabang olahraga sebanyak 468 peserta, cabang seni 210 peserta, dan official 168 orang,“ ungkap sekretaris KKM MTs Negeri Majenang tersebut.

Adapun cabang perlombaan meliputi cabang seni dan cabang olahraga. Untuk cabang seni terdiri atas pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Jawa, pidato Bahasa Arab, pidato Bahasa Inggris, MTQ, Tahfidz Qur’an, hadroh, kaligrafi, madrasah singers dan mini drama. Sedangkan cabang olahraga meliputi atletik, tenis meja, bulutangkis, bola volley dan sepak takraw.

Muncul Bibit Baru

Di tempat terpisah Ketua KKM MTs Negeri Majenang, Moch Makhrus mengatakan melalui Aksioma tahun ini KKM MTs Negeri Majenang diharapkan mampu melahirkan bibit  atlet baru baik dalam cabang olahraga maupun seni.

“Tahun 2015 dan 2016 lalu, alhamdulillah KKM MTs Negeri Majenang berhasil berturut-turut meraih juara umum Aksioma tingkat kabupaten. Semoga tahun 2017 ini prestasi tersebut dapat terus dipertahankan,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda, Cigaru, Majenang itu.(Deni/On)