Tahun 2016 ZIS Karanganyar Capai 10,2 Miliar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Di Penghujung Tahun 2016, pencapaian zakat, infaq dan shadaqah yang diperoleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar mencapai sepuluh miliah lebih. Hal ini diutarakan oleh Ketua Baznas Karanganyar, Sugiyarso Hadi Saputro dalam acara Sarasehan Baznas di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (30/01).

“Pencapaian ZIS di tahun 2016 sebesar sepuluh miliar lebih, cadangan dana sebesar tujuh miliar sehingga jumlah dana yang dikelola Baznas Karanganyar sejumlah tujuh belas miliar yang selanjutnya pentashorufan sebesar empat belas miliar rupiah  dan sisa kas sebesar tiga miliar,” ucap Sugiyarso.

“Atas dukungan segala pihak, pengumpulan ZIS di penghujung tahun 2016 melampau target yakni sepuluh miliar lebih, dan ini hasil kerja keras Unit Pengumpul Zakat (UPZ),” tambahnya.

Ketua Baznas juga melaporkan bahwa pengumpulan ZIS untuk bulan Januari 2017 sebesar sembilan ratus juta rupiah lebih. Menurutnya, bila tidak ada kendala, tahun 2017 ini Baznas akan melaunching dua toko yakni Baznasmart dengan tenaga kerja yang professional dan berbasis islami.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan penyerahan seragam oleh Bupati kepada Tenaga Kesetiakawanan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pemberian beasiswa dari Baznas Karanganyar kepada dua puluh lima mahasiswa IAIN Surakarta masing-masing sebesar 750.000,- rupiah untuk satu semester.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang memberikan sambutan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karanganyar berterima kasih dan mengapresiasi atas kerjasama seluruh pihak, pengumpulan zakat infaq dan shodaqoh (ZIS) selama tahun 2016 dengan target  tujuh miliar rupiah, ternyata telah jauh melampau target yakni sebesar sepuluh miliar rupiah.

Juliyatmono menjelaskan bahwa perolehan, pengumpulan maupun pentashorufan ZIS selain ada Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur, tetapi hal ini lebih pada panggilan jiwa untuk senang bersedekah.

“Mari kita teladani sifat Rosululloh yang memiliki empati dan melindungi siapapun. Kerjakan dengan ikhlas, semoga akan membawa kebarokahan semuanya,”pesan Bupati.

Baznas Kabupaten Karanganyar memang senantiasa menorehkan prestasi, terutama dalam hal penerimaan ZIS, dimana selalu meningkat dalam sepuluh tahun terakhir ini. Dukungan Pemerintah Daerah serta Instansi/Lembaga di Kabupaten Karanganyar sangat terasa hingga Baznas menjadi maju seperti saat ini. (ida-hd/gt)