Kepedulian MANDUBES Bantu Korban Bencana Tanah Bergerak di Sirampog

Brebes – Bencana tanah bergerak mengakibatkan 14 bangunan di Dukuh Legoksari Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog, Brebes, menggugah kepedulian civitas akademika MAN 2 Brebes. Pergeseran tanah di Dukuh Legoksari RT. 01 RW. 03 Desa Buniwah Kecamatan Sirampog itu, terjadi sejak 14 Januari dan sampai hari ini masih terus berlangsung. Sejak terjadi tanah gerak ini, 14 bangunan rumah dan musola rusak. Empat di antaranya mengalami rusak berat.

Guru dan siswa MANDUBES, tergerak mengumpulkan donasi untuk meringankan beban korban. Tim donasi diketuai, Ferlinda El Haq dan didampingi pembina OSIS, Syaful Bahri, S.Pd, pada hari ini, Rabu, (27 /1/2021) menyalurkan bantuan kepada korban dalam bentuk paket kebutuhan sehari-hari dan uang untuk para korban.

“Penggalangan dana dilakukan dengan cara door to door ke rumah warga dan di beberapa titik strategis jalan raya Bumiayu –  Bantarkawung.  Walaupun saat ini tengah darurat covid-19, namun hal itu tidak menyulutkan semangat kami guna berusaha meringkankan beban saudara-saudara kami yang terkena musibah,” demikian ungkap ketua Tim donasi saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Ferlinda menerangkankan, aksi kepedulian ini merupakan kegiatan yang diharapkan mampu meringkankan beban para korban yang terkena musibah, sekaligus meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Hal itu juga menurutnya merupakan bentuk konkret rasa empati terhadap sesama, terlebih bagi mereka yang membutuhkan.

Sementara itu, Syaeful Bahri mengatakan bahwa sebagai pendidik kami harus bisa memberikan keteladanan dan contoh nyata kepada peserta didik untuk tanggap dan peduli atas kehidupan orang lain. Tidak hanya bagi mereka yang terkena musibah saja, namun juga kami siap membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Bukan pada besar kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi rasa keikhlasan dan semangat gotong royong yang diperlihatkan dalam situasi seperti inilah yang menjadi kebanggaan pribadi kami, sekaligus juga sebagai tabungan amal diakhirat nanti,” pungkasnya.(ESW/Sua)