Pelantikan Anggota Paskibra MAN 1 Brebes

Brebes – Dalam rangka pelantikan anggota, Paskibra MAN 1 Brebes mengadakan acara pelantikan anggota baru bertemakan “Meningkatkan Kebersamaan dalam langkah dan gerak” yang dilaksanakan pada 2 waktu, yaitu pada tanggal 23 Desember 2020 dan 10Januari 2021. Kegiatan ini diikuti oleh anggota dan pengurus Paskibra MAN 1 Brebes dan tamu undangan dari ekstrakurikuler (ekskul) lainnya. Kegiatan ini juga diikuti oleh pengurus MAN 1 Brebes kelas XI , XII .

Acara ini diketuai oleh Adi Setiawan, XI Mia 4 dan diwakili oleh Ratna Dinda Sari XI Mia 4. Prosesi acara dimulai dengan upacara pembukaan dengan sambutan dari pembina Paskibra yakni Bachtiar Lutfi. Selanjutnya diisi dengan materi – materi PBB dan kepaskibraan. Agar tidak monoton, acara diwarnai dengan wide game yang dipandu oleh Kartika Fatin. Wide Game ini bersifat umum yang wajib diikuti oleh calon paskibra MAN 1 Brebes. Kemudian para peserta diberi arahan untuk memasuki 5 pos, pos tersebut terdiri dari Pos 1 Pemberangkatan dilanjut dengan pos 2 Lagu Kebangsaan, pos 3 materi kepaskibraan, pos 4 pengujian PBB, pos 5 keagamaan, pos 6 halang rintang.

Selesai bermain, para peserta mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu lomba PBB antar kelompok. Kelompok dibagi menjadi 6 tim. Masing-masing tim saling berlomba untuk menampilkan performa yang terbaik.

Sedangkan kegiatan kedua, yaitu pada tanggal 10 Januari 2021. Ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya tanggal 23 Desember 2020. Usai lomba, dibacakanlah pengumuman lomba PBB & dilantiknya anggota baru Paskibra MAN 1 Brebes tahun 2020/2021.

Juri menilai dari aspek-aspek yang terdapat pada materi-materi PBB, yaitu berdasarkan Perpang No 58 th 2018 tentang Peraturan Baris-berbaris sebagai acuan formal. Juri juga diberi wewenang untuk menilai secara pribadi, dengan mengedepankan nilai-nilai estetis, power juga kekompakan.

”Sebenarnya dalam lomba tersebut yang dinilai bukanlah siapa yang menang namun, lebih untuk melatih kebersamaan, kedewasaan, serta out put dari materi-materi yang sudah diberikan kepada calon anggota Paskibra Brahmastra MAN 1 Brebes,” jelas Bachtiar Lutfi, Pembina Paskibra MAN 1 Brebes.(Aini Salsabila/Sua)