Wamenag, Zainut Tauhid Sa’adi Meninjau Ruang PTSP dan PHU pada Kankemenag Kabupaten Brebes

Brebes – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi pada Kamis, 21 Januari 2021 berkunjung ke Kab. Brebes dan menyempatkan diri untuk meninjau pelayanan di kantor Kementerian Agama Kab Brebes, setelah sebelumnya melakukan pembinaan ASN di MAN 1 Brebes. Ruang pertama yang ditinjau beliau adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kepengurusan Administrasi di wilayah Kab. Brebes sekarang lebih mudah karena menggunakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Tujuan adanya PTSP sendiri adalah untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat, menyederhanakan proses layanan dan mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, pasti, akuntabel,” jelas Fajarin yang baru 4 hari menjabat menjadi Kakemenag Kab. Brebes.

“Zaman sekarang serba cepat, pelayanan pun harus cepat, sesuai dengan program dari Kementerian Agama RI bahwa seluruh Kankemenag di Indonesia. Kanwil Prov Jawa Tengah pun sedang disusun Tata Naskah Dinas dalam bentuk digitalisasi,” tambah Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad menjelaskan kepada Wamenag RI, Zainut Tauhid.

Selanjutnya, rombongan meninjau gedung Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) yang berada di depan Aula Kankemenag Kab Brebes. Penyelenggaraan Haji dan Umrah bertugas melaksanakan penyusunan bahan dan pelaksanaan kebijakan teknis, pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, pengelolaan sistem informasi, dan penyusunan rencana, serta pelaporan di bidang penyelenggaraan haji dan umrah berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi khususnya Jawa Tengah

Seksi PHU mempunyai tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pemberian, pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dibidang penyelenggaraan haji serta mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas sesuai dengan kebijakan teknis.(DA/Sua)