Kunjungan Pengurus FKUB ke Kankemenag Kabupaten Brebes

Brebes – Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, pernah mengingatkan bahwa kerukunan umat beragama menjadi kunci untuk membangun kerukunan nasional.  Indonesia merupakan negara multikultural yang mempunyai keberagaman suku, ras, agama, dan budaya. Keberagaman ini, tercipta karena letak geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia mempunyai wilayah yang besar dan luas, dari sabang sampai merauke.

Namun, keberagaman yang seharusnya menjadi potensi kekayaan tersendiri sering kali menjadi konflik atau permasalahan sosial bangsa. Banyak fenomena dan permasalahan sosial yang muncul yang dilatarbelakangi oleh perbedaan, terutama agama.

Dalam hal ini, memang tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk dalam beragama.

Menurut hukum, Indonesia mempunyai enam agama resmi dalam negara ini; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keberagaman agama ini, memang dapat memunculkan potensi konflik dan bahkan disentigrasi bangsa, jika tidak ada kesadaran toleransi oleh setiap masing-masing individu dalam beragama. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua elemen masyarakat untuk saling berupaya menjaga integrasi bangsa Indonesia dengan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Untuk itu, FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dibentuk dengan dasar Peraturan Bersama Menteri (PBM) nomor 9 dan 8 tahun 2006, antara Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri. Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat;

Pada Selasa, 16 Februari 2021 kemarin, Kantor kementerian Agama Kab. Brebes disambangi oleh FKUB Kab Brebes. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk silahturahmi para tokoh agama dengan Kepala Kankemenag, Fajarin. Ketua FKUB, Supriyono, didampingi dengan para pengurus FKUB lain antara lain dari perwakilan pemeluk agama Budha (Slamet Riyanto), perwakilan pemeluk agama katolik (Apriyanto) se pengurus lainnya.

“Saya bangga dan bersyukur atas jalinan kerjasama antar Kankemenag dan FKUB yang sudah terbangun dengan baik selama ini, dan semoga kedepannya akan menjadi lebih baik lagi. Kemenag Kab. Brebes siap bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Brebes demi kerukunan umat beragama,” jelas Fajarin saat menerima para tamu di ruang tamu kepala.(DA/Sua)