Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Eselon IV Kankemenag Kota Semarang

Semarang – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengawas (eselon IV) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Semarang dilaksanakan awal Februari 2021 di Aula Kantor setempat. Pejabat yang dilantik Cholidah Hanum menduduki jabatan Penyelenggara Zakat Wakaf menggantikan pejabat lama Ahmad Kholil yang memasuki purna tugas di akhir Januari.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang Muhdi, Senin (01/2) dihadiri pejabat eselon IV lainnya, Kepala Madrasah negeri, Ketua Pokjawas madrasah dan PAI, perwakilan Kepala KUA dan penyuluh agama. Hadir pula Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Semarang Ny. Umaroh Muhdi.

Dalam sambutannya Muhdi menyampaikan kosongnya pejabat lama karena purna tugas selayaknya harus segera diisi oleh pejabat baru karena kekosongan jabatan dikarenakan purna tugas sudah bisa diketahui sebelumnya.

“Pelantikan hari ini merupakan hal yang istimewa karena begitu pejabat lama purna tugas di akhir bulan maka di awal bulan berikutnya sudah ada pengganti pejabat definitif yang baru,” ungkap Kakan.

Dirinya menyayangkan seringkali adanya jabatan kosong karena pejabat lama yang pensiun tidak segera diisi oleh pejabat definitif yang baru. Kekosongan jabatan yang diisi oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt) tentu akan berbeda jika dibandingkan pejabat definitif.

Kepada Hanum yang sebelumnya sebagai analis humas dan protokol, Kakankemenag berpesan agar segera dapat menyesuaikan diri dengan jabatan baru dan melaksanakan tugas dan fungsi sebaik-baiknya.

“Pekerjaan rumah yang belum terselesaikan di Gara Zawa saat ini adalah penyelesaian sertifikat tanah wakaf yang terdampak jalan tol. Masih ada beberapa yang belum rampung. Segera lakukan koordinasi dengan pihak terkait agar permasalahan yang dihadapi segera tuntas,” pinta Muhdi.

Pada kesempatan itu pula Muhdi memaparkan beberapa instruksi Menteri Agama tentang sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi ASN Kemenag yang merupakan tindak lanjut dari rakor lintas Kementerian via zoommeeting Minggu (31/1). Ada 9 point yang ditekankan antara lain keharusan bagi semua ASN di lingkungan Kemenag dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan baik yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kantor.

“ASN Kemenag harus menjadi teladan dan turun ke masyarakat ikut mensosialisasikan penerapan secara disiplin protokol kesehatan guna menurunkan laju penularan covid 19,” tegasnya.

Pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan Berita Acara, sebagai saksi Kasubbag Tata Usaha Rachmad Pamudji dan Kepala Seksi Bimas Islam Labib. Kegiatan berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan, diakhiri dengan do’a dipimpin Kasi PAIS Abdul Ghafur dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat baru didampingi suami.(ch/rf)