Penyerahan Bantuan Modal Kepada Istri Napiter di Ketanggungan

Brebes – Menindaklanjuti rapat koordinasi di Kesbangpol pada Selasa, 9 Februari kemarin tentang Perumusan Kebijakan Teknis dan Pelaksanaan Pemantapan Kewaspadaan Nasional Penanganan Konflik Daerah Rakor Penanganan Konflik Sosial, Kesbangpol menyerahkan bantuan modal usaha berupa uang tunai kepada istri Napiter an. Wahyu Wahludi di Desa Kubangsari, Kec. Ketanggungan Kab. Brebes.

Bantuan modal tersebut merupakan bantuan usaha dari Kesbangpol dan Kamenag Kab Brebes sebagai bukti komitmen pemerintah daerah melakukan rehabilitasi dan reintegrasi sosial eks Napiter untuk kembali ke dalam masyarakat nantinya.

“Bantuan yang kami serahkan diambil dari UPZ Kankemenag yang diperuntukkan untuk mensejahterakan keluarga Sdr. Wahyu Wahludi. Diharapkan semoga kehidupan keluarga Sdr. Wahyu bisa menjalankan fungsi sosialnya kembali di tengah masyarakat dengan memulai usaha,” tutur Fajarin, Kakemenag Ka. Brebes.

Salah satu fungsi bantuan modal berupa fungsi yang kemudian dapat dilanjutkan dengan pendampingan sosial yang berkelanjutan.

Selain berbentuk modal usaha, SKPD lain pun turut serta dalam membantu keluarga Sdr. Wahyu. Seperti Kepala Desa Kubangsari siap dalam bantuan perbaikan rumah dalam program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta bantuan dalam bentuk makan dan minum pada saat rehabilitasi. Dari Kodim 0713 Brebes sendiri siap dalah hal tenaga untuk rehabilitasi rumah. Program kembali kesekolah bagi ketiga anaknya masuk dalam program yang disampaikan oleh Dindikpora kemarin. Selain bantuan modal dari Kemenag Kab Brebes dan Kesbangpol, Dinas Koperasi dan UMKM Kab brebes juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai tambahan modal usaha.

Karsiti (Istri napiter) mengaku senang dengan bantuan yang diberikan karena bantuan yang diserahkan ini dapat digunakan untuk memulai hidup baru. Penyerahan bantuan modal tersebut berlangsung pada Jumat, 19 Februari 2021, di kediaman Karsiti, Kec. Ketanggungan.(/Sua)