UPZ Peduli Bencana Banjir Kec. Ketanggungan

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) melakukan perbantuan pentasyarufan zakat dengan menyalurkan bantuan operasional kepada beberapa Madrasah (Ibtidaiyah dan Tsanawiyah) di daerah Ketanggungan, Brebes.

Fajarin, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes ikut serta meninjau lokasi Madrasah bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Imam Ghazali, dan Garazawa, Faedurrohim selaku ketua harian UPZ Kankemenag Kab. Brebes pada Rabu, 17 Februari 2021. Madrasah yg berdampak banjir di wilayah Kecamatan Ketanggungan / Padakaton adalah MIN 4 Brebes, MI Mafatihul Huda 2, MI Mafatihul Huda 3 serta MTs Mafatihul Huda yang tempatnya memang berdekatan satu lokasi

“Pentasyarufan zakat ini diberikan dari zakat seluruh ASN di Kankemenag Kab. Brebes. Pemberian zakat ini diberikan kepada golongan asnaf yang membutuhkan. Kali ini zakat dikeluarkan karena bencana banjir yang melanda daerah Ketanggungan, khususon yang berdampak adalah Madrasah. Ini salah satu program UPZ yang bernama Kemenag Peduli,“ jelas Fajarin saat menyerahkan bantuan kepada Kepala Sekolah MIN 4 Brebes, Rosikin.

Dalam kesempatan yang sama, Rosikin menyampaikan terimakasih yang mendalam kepada segenap jajaran keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes atas kepedulian serta bantuan zakat dari UPZ yang disalurkan khususnya yang diberikan kepada beberapa Madrasah di Ketanggungan baik Negeri maupun Swasta yang terdampak parah bencana banjir.

Wilayah Ketanggungan memang kerap menjadi langganan banjir. Apalagi ketika curah hujan cukup ekstrem. Intensitas hujan yang tinggi sejak Selasa malam membuat air sungai dan bendungan setempat meluap. Sedikitnya 4 Desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir. Ada empat desa tergenang air akibat air dari selatan sangat besar akibatnya Bendungan Cisadap ketinggian air sampai 190 sentimeter.(DA/Sua)