2 Madrasah di Selatan Brebes, Disambangi UPZ

Brebes – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir berdampak buruk di segala bidang. Salah satunya di bidang pendidikan, yaitu Madrasah. Pada Rabu (03/03/21), Fajarin, Kakemenag Kab Brebes beserta pengurus UPZ Kankemenag Kab. Brebes melipir ke daerah selatan Kab. Brebes, tepatnya di Bangbayang dan Bantarkawung. Tim akan menyerahkan bantuan kepada siswa-siswi di MTs Negeri 3 Brebes, dan MTs Negeri 4 Brebes. Bantuan yang diserahkan berasal dari zakat profesi seluruh ASN Kankemenag Kab. Brebes yang dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ)

Pemberian bantuan disesuaikan dengan 8 asnaf, yang kali ini menyasar pada siswa Madrasah. Sebanyak 156 siswa dari 2 madrasah yang berbeda. Pemberian bantuan dilakukan dimasing-masing Madrasah dalam waktu 1 hari. Selain siswa, tenaga honorer di lingkungan madrasahpun tak luput dari kategori yang diberikan bantuan.

Jadwal penyerahan bantuan pertama yaitu di MTs N 3 Bantarkawung. Sebanyak 86 siswa MTs N 3 Brebes, dan penjaga kebun. Pada saat penyerahan bantuan, diketahui bahwa ada pegawai Madrasah yang sedang berduka, karena orang tuanya meninggal. Pihak UPZ tak segan-segan memberikan uang duka kepada pegawai tersebut.

Jadwal penyerahan bantuan kedua yaitu di MTs N 4 Bangbayang. Sebanyak 70 siswa MTs N 4 Brebes dan 7 pegawai honorer diberikan bantuan. Namun terdapat beberapa pegawai yang diketahui sedang sakit, tanpa pikir panjang, UPZ memberikan santuan untuk pegawai yang sakit.

“UPZ bekerja 24 jam, apabila ada pegawai yang sakit atau ada berita duka, dapat menghubungi Kepala Madrasah atau langsung ke Pengurus UPZ, namun dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku. Jadi para pegawai tidak perlu malu, karena ini juga merupakan hak dari seluruh pegawai. Dan inipun sebagai bentuk tanggungjawab pengurus UPZ. Semuanya terkelola dan tercatat dengan baik,“ jelas Faedurohim, selaku pengurus UPZ di sela-sela sambutannya di MTs N 3 Brebes.

Selain pentasyarufan dana UPZ, pada hari itu juga dilaksanakan pembinaan oleh Fajarin, Kankemenag Kab. Brebes. Selesai melakukan pembinaan di MTs N 3 Brebes, Fajarin bertolak ke MTs N 4 Brebes untuk melakukan pembinaan dan pentasyarufan UPZ.(DA/Sua)