MAN 1 Brebes Ukir Prestasi di Kontes Robot Nusantara (KRON) 2021

Brebes – Kontes Robot Nusantara (KRON) virtual tanggal 14 Maret 2021 yang diikuti oleh 2 tim MAN 1 Brebes mampu menyabet medali emas dan perak. Tim yang meraih medali emas, adalah M. Khaidar Hamzah kelas X Mia 1 dan Hanum Alya Lulu Atusyifa XI IPA 2. Mereka Berjaya di kategori Maze Solving.

Tim kedua, meraih medali Perak, diraih oleh Ibnu Farhan Thorik  XI IIK 1 dan Khoerul Anam X IPA 1 untuk kategori Creative MRT.

Untuk bisa meraih kejuaraan ini, peserta kontes dibekali ilmu dengan baik oleh guru-guru pengampu di bidangnya dan semua bahan disiapkan sepenuhnya oleh pihak madrasah. Untuk bisa merakit robot dibutuhkan waktu dua sampai 3 hari. Kegiatan ini tampak rumit namun jika dilakukan dengan ulet dan sangat teliti semua bisa teratasi.

Menurut Khaidar, dibutuhkan ketelatenan saat memasang kabel komponen.

“Untuk itu kita pasang lampu infrared yang berfungsi mengikuti jalur hitam atau putih yang telah diprogram”, ungkapnya.

Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid mengaku bangga terhadap prestasi anak-anak didiknya. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan terobosan baru dari tim prestasi MAN 1 Brebes yang mengusung tema teknologi masa depan untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan bidang apapun, khususnya bidang robotik.

“Ke depan,  MAN 1 Brebes siap melaju di ajang lomba robotik tingkat Asia Tenggara di Singapura dan semoga MAN 1 Brebes dapat menampilkan kreativitasnya secara maksimal sesuai dengan motto madrasah yang hebat, bermartabat dan mendunia”, harapnya.(Aini Salsabila)