MAN 3 Cilacap Launching Leader Class dan Sosialisasi 5 M

Cilacap (Humas) – Kakanwil Kemenag Jateng, H. Mustai’n Ahmad mengungkapkan bahwa saat ini madrasah mengalami perkembangan yang sangat pesat dibanding kondisi beberapa tahun yang lalu. Kepercayaan masyarakat kepada madrasah terbukti dengan meningkatnya peserta didik begitupula dengan prestasi-prestasi yang diraih madrasah yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

”Perkembangan madrasah saat ini tidak lepas dari penguatan 5 Budaya Kerja di lingkungan Kementerian Agama dan semangat keagamaan masyarakat turut andil, memacu perkembangan madrasah dari segi kualitas dan kuantitas,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah saat melakukan kunjungan kerja di MAN 3 Cilacap Jum’at (19/3).

Kunjungan kerjanya Kakanwil kali ini dalam rangka Sosialisasi 5 M sekaligus launching beasiswa Leader Class. Nampak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni mendampingi Kakanwil yang disambut lansung oleh Kepala MAN 3 Cilacap H. Mahmudin dan Ketua Komite MAN 3 Cilacap H. Jasmin.  Hadir pula sebagi tamu undangan yakni para pejabat Kankemenag Kabupaten Cilacap, MUI, Camat Kroya, Polsek, Koramil, Brimob, Kepala SMP/MTs se-Kab. Cilacap, pimpinan ormas NU dan Muhammadiyah, para siswa penerima beasiswa, dan seluruh guru dan pegawai MAN 3 Cilacap.

Dalam acara penyambutan digelar penampilan grup kenthongan “Shoutul Fatta” menampilkan lagu-lagu khas Banyumas dan ‘tari mogamantap” (moderasi beragama MAN 3 Cilacap) salah satu ekskul di MAN 3 Cilacap juga pemotongan pita serta peresmian Gedung Serba Guna (GSG) dan Ruang Focus Group Discussion (FGD) dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti peresmian.

Kementerian Agama tahun 2015 pernah mengalami disclaimer, dalam artian tidak baik dan juga tidak tidak buruk. Madrasah Ibtidaiyah saat itu masih satker, mengurus sendiri tanpa ada tenaga TU. Pelayanan ibadah haji juga kurang baik.  Kemudian 2016 menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan tahun selanjutnya meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Bahkan kita mendapat nilai 85,9 yang merupakan indeks terbaik dalam hal jenis pelayanan pemerintahan, bukan hanya sejajar tetapi melampaui kementerian lain,” tandas Musta’in yang mengusung filosofi Kemenag Jateng Majeng dengan program Sahabat Madrasah dan Sahabat Sebangsa tersebut.

Terkait dengan kegiatan sosialisasi 5 M yang merupakan instruksi Menteri Agama RI No. 1 Tahun 2021, Musta’in mengatakan bahwa tujuan adanya sosialisasi agar anak semakin paham pentingnya protokol kesehatan 5 M. Dengan begitu harapannya angka Covid-19 semakin menurun. Pemakaian masker merupakan salah satu ikhtiar dalam menghadapi musibah.

“Kita tentu prihatin karena Covid ini, Kerajaan Saudi melarang 20 negara untuk umroh, termasuk Indonesia. Yang sedang hangat berita saat ini, tim bulutangkis Indonesia yang sedang bertanding, dipaksa mundur dari kejuaraan All England juga karena Covid,” katanya di sela-sela arahannya.

Musta’in juga mengajak kepada siswa siswi hebat, berbakat, punya keinginan kuat, menjadi lebih maju, dan ingin menjadi pemimpin masa depan dari MTs dan SMP untuk melanjutkan pendidikan di MAN 3 Cilacap yang sudah terbukti prestasinya. “Di sini akan dididik keterampilan, ilmu, akhlaq, dan mental karakternya untuk menjadi orang hebat, bermartabat, dan mendunia,” tuturnya.

Nampak demonstrasi yang mengesankan hadirin ketika tim robotik MAN 3 Cilacap mengeluarkan karyanya berupa mobil robot dan drone (alat pengambilan gambar sambil terbang) yang merupakan hasil kerja kreatif siswa MAN 3 Cilacap kerjasama dengan Team Racer Robotic Indonesia. Kakanwil mengapresiasi dan mengharapkan semakin banyak siswa  madrasah yang berprestasi dalam lomba robotik dalam event nasional maupun internasional, karya karya kreatif siswa MAN 3 Cilacap sangat menginspiratif dan dapat dijadikan contoh untuk madrasah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 3 Cilacap, Mahmudin dalam sambutannya mengatakan bahwa MAN 3 Cilacap saat ini punya 3 program unggulan yakni Riset, Leader Class dan Boarding School. “Kami berharap ada calon pemimpin dari Leader Class. MAN 3 Cilacap yang juga sudah ditetapkan menjadi madrasah riset oleh Dirjend.pendis Nomor : 6757 Tahun 2020. Anak-anak kami baru saja membuat produk hand sanitizer dari bahan alami. Sementara boarding school merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat khususnya orangtua siswa,” imbuhnya

Beasiswa Leader Class merupakan Program unggulan MAN 3 Cilacap  dalam turut menyiapkan pemimpin yang cerdas dan berintegritas. Kepala MAN 3 Cilacap Mahmudin melaporkan bahwa dunia pendidikan harus ikut hadir menyelamatkan generasi emas dan menyiapkan calon pemimpin abad 21,  dan untuk inilah program Beasiswa Leader Class  yang hari ini diluncurkan Kakanwil. (Hd_qq).