MAN 3 Cilacap Selenggarakan Sosialisasi Kelulusan, Ujian Madrasah, dan Penyusunan Soal HOTS

Cilacap-Sebagai tindak lanjut surat Dirjen Pendis Kemenag RI No. B-309/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/ 02/2021 tanggal 9 Februari 2021 tentang  Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 pada masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), MAN 3 Cilacap mengadakan pembinaan dan sosialisasi pada Selasa (30/3).

Hadir sebagai narasumber Pengawas Madrasah,Muslikhudin yang menyampaikan tentang Surat Edaran Kelulusan, POS Ujian Madrasah, serta Juknis Penyusunan Soal HOTS di madrasah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru mata pelajaran kelas XII.

Dalam hal penyelenggaraan kelulusan pada masa darurat Covid-19  dengan berbagai pertimbangan, maka diambil ketentuan peniadaan UN dan UAMBN pada jenjang MTs dan MA tahun pelajaran 2020/2021. “Siswa dinyatakan lulus dari madrasah jika menyelesaikan pembelajaran dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperolah nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh madrasah,”  jelas  Muslikhudin.

Bentuk Ujian Madrasah dapat berupa ujian tulis, praktik, penugasan, dan/atau portofolio dengan memperhatikan kondisi siswa dan kemampuan madrasah untuk menyelenggarakannya terutama dalam kaitannya dengan kondisi pandemi Covid-19. Sementara dalam pelaksanaannya, madrasah dapat menyelenggarakan UM secara daring atau tatap muka (berbasis kertas) sesuai kondisi wilayahnya.

Selain kelulusan dan Ujian Madrasah, dibahas juga mengenai teknis penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) di madrasah berdasarkan keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor 781 tahun 2021.

Menurut Muslikhudin, HOTS merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai lanjutan tingkatan dari LOTS (Low Order Thinking Skills) . Dengan berpikir tingkat tinggi tersebut dapat mendorong siswa untuk mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. “Jadi kurang tepat jika HOTS diartikan semata-mata sebagai soal yang sulit,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa sekarang ini soal-soal HOTS mulai menjadi primadona dalam pembuatan soal di sekolah maupun madrasah. Dengan soal tipe ini, siswa akan diuji kemampuan berpikirnya untuk bisa menjawab pertanyaan. MAN 3 Cilacap sudah menerapkan tipe ini pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas XII beberapa waktu lalu, yang mana dari soal yang dikerjakan terdapat komposisi 25% merupakan soal HOTS. (Qm-mp)