Pemanfaatan Blog Guna Pengembangan Media Pembelajaran

Brebes – Media pembelajaran adalah salah satu aspek penting dalam keberhasilan  pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, guru dituntut pula untuk dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran, terlebih dimasa pandemic covid seperti sekarang ini.

Untuk itu, Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes menggelar Pelatihan Pemanfaatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran bagi guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Bantarkawung. Pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran dimana siswa menuntut pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu, (10/3/2021) ini diikuti oleh 36 guru utusan dari masing-masing Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Swasta se-Kecamatan Bantarkawung. Acara yang berlangsung di Ruang Aula Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhsaniyah Cilinduk Desa Jipang Kecamatan Bantarkawung ini dimulai pukul 08.00-13.00 WIB. Antusiasme peserta cukup tinggi ditandai dengan banyak sekali pertanyaan yang muncul saat sesi diskusi dibuka.

Hadir sebagai pemateri Pemanfaatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran adalah Abdul Hamid, S.Pd.I, guru MI Alfalahiyah Plompong Kecamatan Sirampog, sekaligus owner www.gurukatro.com. Sementara arahan dan bimbingan, sekaligus membuka acara disampaikan oleh H. Marno selaku Pengawas Madrasah Kabupaten Brebes.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan kedepan guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih inovatif, sehingga menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Selain itu, dalam konteks manajemen humas, pemanfaatan blog bisa untuk mengenalkan profil Madrasah yang akurat dan update secara umum bahkan dunia.” harapan Nailul Azmi, S.Pd.I., M.Pd, Ketua Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.(NA/Sua)