Rapat Pembinaan, Evaluasi PJJ, Persiapan UM dan Sahabat Madrasah MAN 2 Brebes.

Brebes – Kepala MAN 2 Brebes, Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd., didampingi Kepala Tata Usaha Jaenudin, S.Pd. I menggelar rapat pembinaan, evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan persiapan Ujian Madrasah  pada Rabu, (15/3) bertempat di Aula lantai 3.

Hadir seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Brebes. Rapat diawali dengan pembinaan dan evaluasi dari Kepala Madrasah, dilanjutkan Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Syamsul Bayan, S. Pd.

Dalam arahannya di hadapan para guru dan karyawan, Lutfil Hakim menyampaikan bahwa seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama harus pandai bersyukur diberikan amanat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat umum yang harus banyak memberikan manfaat kepada orang lain.

“Syukur itu tidak hanya pada ucapan Alhamdulillah, melainkan bagaimana seorang ASN memahami tupoksi masing-masing dan menuntaskannya dengan sebaik-baik penuh tulus hati niat lillahi ta'ala. Hal itu merupakan bentuk tanggungjawab kita kepada Allah SWT selain kepada pimpinan,” ungkap Lutfil.

Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan Evaluasi PJJ, Ujian Madrasah, dan persiapan program kelas unggulan. Untuk program kelas  unggulan segala sesuatunya harus segera disiapkan seperti kurikulum, sarana prasarana, fasilitas dan administrasinya.

Selanjutnya pengarahan terkait pelaksanaan ujian madrasah disampaikan oleh Syamsul Bayan, Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum. Dalam arahannya Syamsul menjelaskan bahwa untuk UAMBN BK pada tahun ini ditiadakan, sebagai gantinya akan diadakan Ujian Madrasah (UM), yang akan dilaksanakan pada rentang waktu 15 Maret sampai dengan 10 April, dan semua mapel akan diujikan.

“Untuk kisi-kisi soal UM mapel PAI dan Bahasa Arab sudah disediakan oleh Pusat, namun untuk mapel umum kisi-kisinya dibuat oleh guru masing-masing. Saya berharap disaat pandemi ini kita tidak menurunkan kualitas, dan dalam pembuatan soal UM harus ada soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).“ ungkap Syamsul Bayan.

Terakhir, dalam kesempatan yang sama, Herry Bakhtiar, S.Pd., selaku Wakil Kepala bagian Humas menyampaikan kesiapannya untuk menyambut Pelaksanaan Peseta Didik Baru dan pencanangan MAN 2 Brebes sebagai Sahabat Madrasah yang rencananya akan diresmikan pada 1 April 2021.

“Saya harap tim yang telah dibentuk mulai bekerja menyusun program dan strategi agar rencana yang sudah disusun dapat terealisasi dengan optimal,’’ tutur Herry.(ESW/Sua).