MAN 2 Brebes “ Ngangsu kawruh” ke MAN 2 Kudu

Brebes – Dalam rangka menambah wawasan tentang pengelolaan manajemen madrasah berbasis riset dan branding Madrasah, serta mempererat rasa persaudaraan dan persatuan sesama guru dalam upaya mewujudkan Madrasah yang berkemajuan, hebat dan bermartabat MAN 2 Brebes  telah melaksanakan kegiatan studi banding pada Kamis, 25 Maret 2021 Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang dengan tujuan MAN 2 Kudus.

Kepala Madrasah, Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd., menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggali   informasi  dan berdiskusi tentang Pengelolaan Madrasah Riset dan program-program unggulan

“Ini merupakan kegiatan studi banding yang pertama kali kami laksanakan. Peserta kegiatan adalah para pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengurus Komite Madrasah, yang tergabung dalam tim pengembang madrasah,“ jelas Lutfil Hakim.

Kehadiran rombongan MAN 2 Brebes disambut baik oleh Kepala MAN 2 Kudus beserta jajarannya. Kegiatan pertukaran informasi dan diskusi kedua madrasah tersebut berlangsung di ruang gedung asrama yang baru.

Setelah bertukar informasi, rombongan diajak berkeliling komplek madrasah unggulan  untuk melihat langsung kondisi, suasana dan sarana prasarana dii MAN 2 Kudus.

Melalui kegiatan tersebut Lutfil berharap akan ada perubahan yang signifikan pada pengelolaan pendidikan di madrasahnya. Karena menurutnya, pengelolaan madrasah yang baik harus melibatkan berbagai komponen baik Kepala Madrasah sebagai pimpinan, guru sebagai pelaksana kebijakan, dan komite serta wali siswa sebagai mitra. Dengan semakin tingginya kompetisi antar madrasah saat ini dibutuhkan kekompakan bersama sebagai sebuah team work yang hebat atau super team.

“Kepala madrasah secara personal sebagai seorang super man akan sulit membawa gerbong pendidikan yang dipimpinnya menuju kesuksesan tanpa dukungan para guru dan tenaga kependidikan yang ada sebagai anggota team,” pungkasnya.(ESW/Sua)