Menciptakan Mood dalam Teknik Fotografi dan Penulisan Berita di Workshop KIR MAN 1 Brebes

Brebes – Fotografi tidak sekadar belajar tentang membidik suatu objek, namun juga cara mengemas momen yang hendak diabadikan menggunakan  teknik khusus. Hasil bidikan perlu pengolahan agar hasil mendekati ekspetasi. Secara kesinambungan, barulah proses ini disebut fotografi.

Hal ini menjadi fokus utama dalam workshop fotografi yang diselenggarakan oleh KIR MAN 1 Brebes pada tanggal 30 Maret 2021,  mengusung tema Bangkit dari pandemi Covid 19 menuju peluang cakap berkarya dan bermedia. Workshop dengan 70 peserta ini dihadiri Announcer dan jurnalis handal,  Petra Akbar dan tim yang  menyampaikan teori tentang fotografi dan berita.

Menurut Petra, fotografi adalah aktivitas yang dinamis. Kadang mudah dilakukan, kadang terlihat sulit. Untuk itu dibutuhkan teknik yang spesifik agar dapat menciptakan mood dari momen atau objek yang hendak dibidik. “Dalam dunia jurnalis, foto juga menjadi pemegang peranan penting dan dapat dijadikan ilustrasi dalam penulisan artikel berita serta berfungsi melengkapi artikel berita”, papar Petra.

Tujuan diadakannya acara ini  untuk menambah wawasan dan minat serta bakat siswa di bidang fotografi yang saat ini banyak digemari bahkan menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan. Selain itu siswa diharapkan menjadi pembaca berita yang cerdas seiring dengan perkembangan zaman saat ini terkait maraknya berita hoax yang merugikan. (Aini Salsabila)