Pembinaan Pengelolaan Inovasi Madrasah, Direktur KSKK Terpesona Lagu Mars MAN 2 Brebes

Brebes – Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan ( KSKK ) Kementerian Agama RI, Dr.  H. Ahmad Umar, M. A., melakukan Pembinaan Inovasi Pengelolaan Madrasah pada Sabtu, (3/4) di Aula Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes.

Kegiatan pembinaan diikuti oleh 85 guru dan 11 pegawai, serta dihadiri oleh Kepala Seksi Drs. H. M Nurcholis, M. Pd. , Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd. , Kasi Pendma Kemenag Kab. Brebes, Drs. H. Imam Ghozali, M.Pd. , Ketua Pokjawas Kemenag Kab. Brebes,  Drs. H. Kapardi, M. Pd., dan segenap  pengurus komite MAN 2 Brebes.

Mengawali sambutan  Kepala MAN 2 Brebes, Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd. mengucapkan selamat datang kepada Direktur KSKK dan tamu undangan . Beliau  menyatakan bahwa tema dalam pembinaan pengelolaan inovasi madrasah  ini adalah untuk mewujudkan pelayanan pendidikan berkarakter dalam menggapai Madrasah hebat bermartabat.

“Guru harus mampu menjadi teladan, mengausai metodologi dan materi  agar seluruh komponen madrasah mampu berprestasi, karena prestasi itu harga diri Madrasah kita, apalagi saat ini trend madrasah sedang naik daun,” tutur Lutfil.

Sementara itu Direktur KSKK  Kemenag RI, Dr. H. A. Umar dalam pembinaannya menyampaikan tentang 3 masa sulit yang dihadapi madrasah yakni: sulit memilih siswa karena saking banyaknya; sulit menemukan prestasi karena semua anak punya prestasi unik masing-masing; sulit menemukan sumber informasi yang benar.

Lebih lanjut Direktur KSKK menjelaskan, “Ada 3 tingkatan guru madrasah dalam pembelajaran di lapangan. Pertama guru Mualim, guru yang hanya menyampaikan materi , siswa paham atau tidak paham yang penting tugas mengajar diselesaikan.. Kedua guru Mujahid, guru yang mau berusaha dan berjuang sungguh – sungguh agar anak didiknya  paham dalam pembelajaran. dan yang ketiga adalah guru Mujadid, guru pembaharu, ditandai dengan inovatif, kreatif dan dinamis. Guru nomor 3 ini lah yang diharapkan untuk kemajuan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Umar berharap siswa atau lulusan Madrasah selain berkualitas, juga tidak ketinggalan pada era revolusi industri 4.0, juga memiliki karakter atau perilaku jujur. Perilaku jujur adalah dasar dari segala perilaku terpuji lainnya. Karakter jujur ini penting dan harus dimiliki semua siswa Madrasah agar kedepan tercipta generasi-generasi dengan kualias terbaik.

Pembinaan berlangsung dalam suasana hangat dan serius namun penuh keceriaan. Bahkan terpesona dengan Mars MAN 2 Brebes, Dr. Umar berkali-kali ikut menyanyikannya dan meminta agar  Mars MAN 2 Brebes direkam dengan apik untuk di tayangkan pada chanel youtobe KSKK.

Selain memberikan pembinaan Dr. H. Ahmad Umar, M. A. juga menyempatkan berkeliling di lingkungan MAN 2 Brebes diantaranya mengunjungi Laboratorium Robotik dan juga berencana memberikan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) sebanyak enam ruang.(ESW/Sua)