Seleksi Kelas Khusus dan Jalur Prestasi PPDB MAN 2 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022

Brebes – Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  MAN 2 Brebes untuk jalur Prestasi dan kelas khusus (akademik)   berturur-turut telah  digelar pada 31 Maret dan 2 April 2021. Materi seleksi terdiri atas pengetahuan umum dan Keagamaan , potensi diri serta kepribadian. Untuk materi pengetahuan umum dan keagamaan dilakukan melalui CBT, pada 29 maret 2021.

Sesuai jadwal  hasil seleksi PPDB 2021/2022 jalur tersebut  diumumkan pukul 14.00 WIB melalui laman https://ppdb.mandubes.sch

Ketua Panitia PPDB  yang juga Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Eti Sophia Wijayanti, menekankan kepada seluruh calon peserta didik yang tidak lolos seleksi di jalur  ini agar tidak khawatir atau cemas. Hal itu dikarenakan, calon peserta didik masih di beri kesempatan masuk melalui jalur reguler.

“Pelaksaan seleksi berlangsung objektif, transparan, nondiskriminatif, dan berkeadilan. Para penguji adalah tenaga pendidik profesional yang terdiri atas Guru mata pelajaran, Guru BK dan Guru Keagamaan,” tutur Eti.

Dijelaskan oleh Kepala Madrasah,Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd., bahwa PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, MAN 2 Brebes membuka sebelas rombongan belajar yang terdiri atas empat kelas program khusus dan tujuh kelas program reguler. Empat kelas tersebut merupakan implikasi dari Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6757 tentang penetapan penyelenggara madrasah riset tertanggal 1 Desember 2020.

“Kelas khusus tersebut meliputi satu kelas keagamaan Tahfidz, satu kelas IPS Animasi, satu kelas MIPA Robotik dan satu kelas  MIPA Sains Riset,” ujar Lutfi.

“Persaingan cukup ketat yakni jumlah pendaftar untuk jalur Prestasi dperebutkan 76 pendaftar  dari 10 persen kuota yang disediakan dan jalur kelas khusus diperebutkan 134 dari 84 kursi yang ada,” pungkas Eti.(ESW/Sua)