Serba daring pelaksanaan PAT dan UM di MAN 2 Brebes

Brebes – Upaya pencegahan penularan covid-19 terus diupayakan oleh pemerintah. Tak dipungkiri dunia pendidikan pun terkena imbasnya. Tahun pelajaran 2020/2021 ini, secara resmi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional resmi ditiadakan.

Sejalan dengan itu, MAN 2 Brebes melaksanakan Ujian Madrasah (UM) secara daring Kebijakan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar ( POS ) Penyelenggraan Ujian Madrasah TP 2020/2021.

Mata pelajaran yang diujikan adalah seluruh mata pelajaran yang berjumlah 18 untuk program MIPA dan IPS dan 19 mata pelajaran untuk program Keagamaan. Adapun pelaksanaan UM daring sudah dimulai sejak tanggal 22 Maret s.d.1 April 2021.

Kepala MAN 2 Brebes melalui Waka Kurikulum, Syamsul Bayan, S.Pd menjelaskan, bahwaUjian Madrasah (UM) daring ini dilaksanaka nmenggunakan google form, di mana peserta didik dapat dengan mudah mengerjakan soal-soal ujian di rumah via android. Teknis ujian tiap tiap kelas ditanggungjawabkan pada wali kelas masing-masing, mulai dari presentasi siswa hingga pemantauan pelaksanaan selama ujian berlangsung.

Sebelumnya hal yang sama juga dilaksanakan saat menyelenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT)  pada tanggal 1 s.d. 12 Maret 2021.

“Alhamdulillah, rangkaian kegiatan PAT dan Ujian Madrasah berjalan dengan lancar dan tertib. Dari 379  jumlah peserta didik kelas XII tidak ada satupun yang absen,“ pungkas Bayan.(ESW/Sua)