MAS SELO, MAN 2 BREBES Smart Green House For Research and Development Lolos final MRC 2021

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes. – Dua siswa  MAN 2 Brebes yakni Rijal Amri dan Haidar Hisyam, melaju ke Tahap Final, 30 besar pada ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) untuk kategori Rancang Bangun.

Kegiatan yang digelar KSKK ini merupakan even pertama yang diikuti oleh Tim Robotis MANDUBES. Melalui MAS SELO, MAN 2 BREBES Smart Green House For Research and Development, Tim robotis berhasil mencuri perhatian juri dari 147 peserta lainnya.

Menurut pembina robotik, Muhamad Zaky Mubarok, MAS SELO merupakan sebuah solusi yang kami tawarkan untuk membantu mengatasi masalah menurunnya produksi pangan sebagai  imbas pandemi covid – 19.

“MAS SELO merupakan usaha intensifikasi pertanian guna peningkatan produksi pangan dengan memanfaatkan teknologi robotika dan teknologi informasi. Pada dasarnya MAS SELO adalah sebuah bangunan kontruksi berbasis IoT yang berfungsi secara autonomous untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi lingkungan yang dikehendaki sehingga tanaman dapat tumbuh secara optimal. MAS SELO dapat memanipulasi kondisi lingkungan mulai dari kelembaban udara, suhu udara, kelembaban tanah, kekuatan UV, sampai pada intensitas cahaya,“ jelas Zaky.

Kepala MAN 2 Brebes, Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd sangat bersyukur dan berterima kasih  atas pencapaian anak didiknya.  Ucapan terima kasih  beliau sampaikan juga  kepada Stake Holders, pembina robotis, guru, dan karyawan  yang telah mendukung.

“Saya mengapresiasi pencapaian ini dan mari kita sebagai pendidik dorong terus  anak- anak kita untuk mengukir prestasi,” pungkasnya.

Muhamad Zaky Mubarok juga mengungkapkan bahwa Tim Robotis masih harus bekerja keras untuk maju di babak final  pada 2 Oktober mendatang. “Mohon doa dan dukungan semua warga MAN 2 Brebes, semoga dimudahkan dan diberikan prestasi yang membanggakan,“ pungkasnya.(ESW/Sua).