Gondol Juara 2 Hafalan Juz Amma, DWP MTs Negeri 1 Banjarnegara Bikin Bangga

Banjarnegara – Siswa juara itu sudah biasa di MTs Negeri 1 Banjarnegara. Kali ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) MTs Negeri 1 Banjarnegara juga berhasil menggondol juara 2 lomba hafalan Juz Amma tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag Banjarnegara dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB).

Melalui grup Whatsapp, pengumuman kejuaraan ini diumumkan pada 20 Desember 2021 oleh panitia pelaksana lomba. Lomba hafalan ini merupakan lomba yang diikuti oleh lembaga di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Pada kesempatan ini DWP MTs Negeri 1 Banjarnegara melantunkan surah Az-Zalzalah dan At-Toriq.

Surah Az-Zalzalah sendiri merupakan hafalan wajib oleh setiap grup, sedangkan surah At-Toriq merupakan salah satu surah pilihan yang juga harus dibawakan oleh setiap grup. Grup hafalan dari MTs Negeri 1 Banjarnegara dibimbing oleh Umi Mahmudah, guru agama MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Yang menjadi tantangan dalam lomba ini adalah menyamakan nada karena ini adalah lomba kelompok. Selain itu juga harus memperbaiki beberapa makhroj supaya sesuai dengan kaidah tajwid,” tutur Umi Mahmudah.

Pelaksanaan lomba ini adalah berbasis daring. Setiap kelompok mengirimkan video hafalan one take. Dalam pembuatan video hafalan ini, DWP MTs Negeri 1 Banjarnegara mengenakan seragam salem Dharma Wanita. Pengambilan video ini dilakukan berkali-kali untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ketua Dharma Wanita MTs Negeri 1 Banjarnegara, Khotimah Eko Widodo menyampaikan rasa terima kasih kepada grup lomba hafalan Mts Negeri 1 Banjarnegara.

“Pertama saya ucapkan selamat dan terima ksih sudah berhasil mendapatkan juara 2 dalam lomba hafalan ini. harapan saya semoga semakin rajin berlatih bukan hanya untuk lomba saja tetapi juga untuk melancarkan bacaan tartil Al-Qurannya,” pungkasnya (rin/ak/rf)