Kemenag Kota Semarang Donasikan Rp53 juta untuk Warga Terdampak Semeru

Semarang — Bencana erupsi gunung Semeru mengundang keprihatinan bagi seluruh warga Indonesia. Bencana ini menyebabkan ribuan warga harus mengungsi dari kediamannya. Bahkan, puluhan orang dikabarkan meninggal dunia, belasan orang terluka, dan belasan orang belum ditemukan keberadaannya.

Atas bencana ini, banyak komunitas yang kemudian turun tangan dan melakukan aksi penggalangan dana dan bantuan logistik untuk membantu warga terdampar bencana erupsi Semeru ini.

Salah satunya adalah Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Atas instruksi dari Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, segenap jajaran pegawai diimbau menyisihkan sebagian hartanya dan mendonasikan untuk warga terdampak erupsi Semeru. “Donasi ini berdasarkan imbauan dari Kakanwil Kemenag Jateng untuk membantu meringankan beban Saudara kita di sekitar Semeru yang menjadi korban. Dana yang terhimpun disetorkan ke UPZ Kanwil Kemenag Jateng untuk ditasarufkan kepada warga terdampak bencana Semeru,” kata Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Kota Semarang, Cholidah Hanum di Semarang, Senin pagi (13/12/2021).

Dari penghimpunan 8-12 Desember 2021, Kemenag Kota Semarang turut andil menyumbang dana sebesar Rp53juta,” kata Hanum. “Donasi dari teman-teman pegawai kantor, madrasah maupun KUA ini disetorkan dengan tunai atau melalui transaksi online melalui rekening khusus Donasi Kemenag Kota Semarang,” jelas Hanum.

Nilai tersebut berkontribusi terhadap perolehan donasi Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah sekitar Rp500juta.

Atas kontribusi ini, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. “Semoga mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, Tuhan YME,” ujarnya.

“Semoga sedikit bantuan dari keluarga besar Kankemenag Kota Semarang bisa sedikit meringankan beban penduduk sekitar terdampak Erupsi gunung Semeru,” pungkas Hanum. –iq/bd