100 Pegawai Terima Satya Lencana

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Brebes menyerahkan penghargaan Satya Lencana kepada 100 pegawai Kemenag 03/01/2022. Memperingati Hari Amal Bakti ke 76, seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Agama diminta lebih produktif. Sebab, Kemenag harus terus tumbuh dan berkembang sebagai instansi pemerintah yang berperan penting dan strategis.

Khususnya, meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Hal itu, disampaikan pembina upacara HAB sekaligus Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs H Fajarin MPd, Senin, (3/1/2022).

Upacara HAB ke 76, diselingi pemberian penghargaan Satya Lencana kepada 100 pegawai. Yakni, penghargaan atas pengabdiannya lebih dari 10 tahun sebanyak 65 orang. Kemudian, pengabdian lebih dari 20 tahun sebanyak 31 pegawai, dan pengabdian lebih dari 30 tahun sebanyak 4 orang.

Kepala Kemenag Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd, juga membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Kementerian Agama, telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama. Sehingga, harus memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya. Sekaligus, menjaga pancasila, konstitusi, dan negara kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Komitmen kinerja Kemenag lebih produktif, dibuktikan dengan meningkatnya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021,” ungkapnya menyampaikan sambutan menteri agama.

Selain indeks kesalehan, lanjut Fajarin, Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan. Yakni, semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks kepuasan layanan KUA, juga meningkat dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Di sisi lain, Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. Meliputi, para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur lainnya.

“Hubungan baik tersebut, diwujudkan dalam beragam pertemuan. Baik tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi,” terangnya.

Fajarin melanjutkan sambutan Gus Yaqut, dari perspektif tata kelola keuangan Kemenag juga mampu mempertahankan prestasinya. Yakni, Kemenag kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini, menjadi prestasi yang diraih lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Bahkan, pengajuan kepada presiden memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya. Sudah disetujui, untuk 9.310 ASN dari 79 satuan kerja Kemenag yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat.

“Alhamdulillah, dalam HAB ke 76 ini, Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802  orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama,” ujarnya. Fajarin menambahkan, mewakili Menteri Agama pihaknya mengucapkan terima kasih kepada segenap ASN kementerian agama. Mengingat, selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja kementerian agama. Termasuk, memeriahkan rangkaian HAB ke 76 seperti santunan fakir miskin di 3 lokasi. Kemudian, khotmil qur’an dan istiqozah, berbagai lomba, hingga Jalan Sehat pada Jum’at,(7/1) mendatang.(Hid/Sua).