Kankemenag Brebes Hadiri Study Banding Baznas Jepara ke Baznas Brebes

Brebes – 14/01/2022 rombongan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jepara tiba di Kabupaten Brebes. Kehadiran BAZNAS Jepara disambut hangat oleh ketua baznas Kab. Brebes, H. Abdul Haris, Kepala Kantor Kantor Kementerian Agama Brebes, H. Fajarin, kabbag kesra Kabupaten Brebes, pengurus BAZNAS Kabupaten Brebes.

Kedatangan BAZNAS Brebes ini tidak lain adalah dalam rangka studi banding kepada BAZNAS Kabupaten Brebes yang terkenal memiliki program dan pendapatan cukup besar perbulannya. Dalam kunjungannya tersebut, BAZNAS Jepara membawa 10 personil yang dipimpin oleh Ir. Sholih.

Mengawali sambutannya, Ketua BAZNAS Brebes mengutarakan perasaan bahagianya karena dikunjungi oleh saudara seperjuangan dari BAZNAS Jepara. H. Abdul Haris  juga mengungkapkan bahwa kenaikan BAZNAS Kabupaten Brebes dalam mengumpulkan dana ZIS tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara ulama dan umaro.

“Terkait perolehan dana ZIS, Bupati Brebes sangat berperan dalam menggerakkan jajarannya untuk membayar zakat dari 1 % menjadi 2.5 % yang sudah dicontohkan oleh PNS Kantor Kemenag Brebes. Karena memang selama ini perolehan dana ZIS terbesar berasal dari aparatur sipil negara di lingkungan Kabupaten Brebes,” ucap Abdul Haris.

Senada dengan Ketua BAZNAS Brebes, Kepala Kantor Kementerian Agama juga mengatakan bahwa hubungan yang terjalin antara ulama dan umaro di Kabupaten Brebes cukup baik. Lebih dari itu, suasana kekeluargaan di lingkungan Kabupaten Brebes sangat baik, sehingga semua elemen masyarakat mendukung BAZNAS Kabupaten Brebes. Tidak lupa, Pengurus BAZNAS Brebes  menjelaskan tentang program-program yang sudah dijalankan oleh BAZNAS, dan penyaluran ZIS yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah program Brebes peduli, Brebes sehat, dan lain sebagainya. Setelah rangkaian kegiatan dan tanya jawab, masing-masing pihak saling bertukar cinderamata antara BAZNAS Brebes dan Jepara. Kemudian rombongan Baznas Jepara melanjutkan perjalanan untuk pulang Kabupaten Jepara. (Hid/Sua)