Kasi PD Pontren Brebes Berharap Bupati Terbitkan Perbup Tentang Madin

Brebes – Ada amanat penting yang sudah kami janjikan untuk peningkatan pendidikan keagamaan, yaitu Perbub (Peraturan Bupati). Melalui komunikasi dengan pemerintah daerah diharapkan ijazah Madin (Madrasah Diniyah) menjadi salah satu persyaratan atau point nilai untuk peserta didik baru pada lembaga pendidikan formal. Hal ini  akan bisa meningkatkan perhatian orang tua terhadap pentingnya pendidikan Madin.

Keberadaan Madin sebagai pendidikan Islam yang mengajarkan nilai nilai karakter atau Akhlaqul Karimah perlu di jaga kelestariannya. “Kami akan komunikasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Brebes agar bisa menerbitkan Perbup tentang Madrasah Diniyah,” demikian disampaikan Kasi PD Pontren, H. Akrom, saat memberikan Pembinaan dan pengarahan usai pelantikan pengurus KKG MDT dan K3,MDT Kab Brebes masa Khidmah 2021 – 2024  pada hari Kamis, 25/11/ 2021 di Aula Kemenag Kab. Brebes.

Dalam kesempatan tersebut, H. Akrom menandaskan, “Pengurus KKG.MDT dan K3MDT sebagai media berkhidmat dan berjuang untuk bersama meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Diniyah. Walaupun tidak ada honornya tapi insya Allah dengan kesiapan dan ketulusan pengurus akan menjadikan hidupnya berkah,” ungkap Akrom.

Sementara itu Kasi MDT Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Tengah, Hj. Aini Sa’adah, M.SI memaparkan tipologi pendidik pada Madrasah Diniyah. Ciri pendidik yang profesional dengan menguasai metodelogi pembelajaran atau yg disebut dengan kompetensi pedagogik.

“KKG MDT lebih pada peningkatan mutu pembelajaran, sementara K3MDT untuk peningkatan kapasitas Manajemen Madrasah Diniyah.  Sebagai penanggung jawab KKG adalah K3MDT dalam menjalankan program kegiatan. Pasca pertemuan hari ini pengurus KKG MDT dan K3MDT harus menyusun program kegiatan selama satu periode. Untuk peningkatan profesionalisme pendidik,” ujar Aini Sa’adah.

“Insya Allah kami akan kerjasama dengan Litbang Kanwil Kemenag untuk 8 Kab/Kota yang sudah terbentuk pengurus KKG dan K3MDT, termasuk Kab. Brebes. Kami sudah melakukan kerjasama dengan lembaga tersebut dalam beberapa tahun terakhir untuk peningkatan mutu Pendidikan Diniyah,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir memberikan materi dihadapan pengurus KKG MDT dan K3MDT, Kabid PD Pontren, Dr. H. Nur Abadi.(AS-Hid/Sua).