Monitoring Irjen Dalam Kegiatan Revitalisasi KUA Ketanggungan

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes merupakan salah satu diantara Kankemenag di Jawa Tengah  yang mendapatkan bantuan proyek berupa Revitalisasi KUA Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, yaitu  KUA Kecamatan ketanggungan Kabupaten Brebes yang merupakan salah satu dari 100 kecamatan ditahun 2021.

Monitoring yang dilaksanakan oleh Tim dari Dirjen Bimas Islam Kemenag RI pada Senin, 22 November 2021, yang dipimpin oleh Ibu Tulistiyani beserta tim. Monitoring dan evaluasi pembangunan Revitalisasi KUA Kecamatan Ketanggungan yang menitik beratkan pada KUA Kecamatan  sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama, tim juga memastikan proyek tersebut berjalan sesuai dengan aturan.

Dalam kesempatan tersebut Tulistiyani mengungkapkan agar tujuan revitalisasi KUA. “Pertama. Meningkatkan kualitas umat beragama, Kedua. Memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan. Ketiga, Memperkuat program dan layanan keagamaan. dan keempat, Untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan,” ungkap Tulistiyani.

H. Syaifuddin selaku Kepala KUA Kecamatan Ketanggaungan menjelaskan. “Revitalisasi KUA Ketanggungan  juga termasuk rehab fisik dilakukan seperti perubahan front office, balai nikah dan ruang konsultasi. Penyempurnaan standar pelayanan public pada KUA kecamatan, tranformasi digital dan pengautan program capacitiy building terhadap petugas-petugas KUA seperti penghulu dan penyuluh,” jelas Syaifuddin ketika dihubungi melalui Whatsapp nya.

Untuk program penguatan kompetensi petugas di KUA, dari Ditjen Bimas Islam telah memberikan sejumlah bimbingan teknis (bimtek) kepada personel yang ada di KUA Kecamatan Ketanggungan, seperti bimtek jejaring lokal, bimtek moderasi beragama berbasis keluarga.

“Kemudian bimtek layanan prima, bimtek revitalisasi KUA melalui program dan layanan bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah tahun 2021, bimtek administrasi dan pengamanan aset wakaf dan terakhir bimtek standar penyuluh agama Islam dukungan revitalisasi KUA,” tambah Syaifuddin.

Tak hanya melakukan peninjauan KUA kecamatan ketangungan secara fisik saja tetapi tim juga memeriksa program-program yang mendukung pelaksanaan revitalisasi KUA Kecamatan Ketanggungan dan kesiapan SDM yang ada dalam rangka pengimplementasian.(Hid/Sua).