MTs Negeri 1 Banjarnegara Siap Sukseskan SNPDB tahun 2022/2023

Banjarnegara – Selasa, 25 Januari 2022 Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara bersama Waka Kesiswaan memenuhi undangan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah perihal Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023.

SNPDB adalah program seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia secara nasional dengan sistem online untuk menerima peserta didik baru jenjang Aliyah yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Ada tiga program yang bisa dipilih calon peserta didik baru. Yaitu MAN Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Bertempat di MAN Insan Cendekia Pekalongan, acara sosialisasi SNPDB mengundang seluruh Kasi Penmad, seluruh Kepala MTsN dan Waka Kesiswaan/ Guru BK MTsN dari setiap kabupaten/kota di Jawa Tengah.

SNPDB akan dibuka dalam dua jalur, tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas. Pendaftaran jalur tes dibuka dari 10 Januari – 14 Februari 2022. Pendaftaran jalur prestasi dibuka dari 10 Januari – 7 Februari 2022.

Kegiatan sosialisasi menghadirkan Saifulloh, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov Jawa Tengah. Dalam arahannya Saifulloh menyampaikan harapannya agar seluruh MTsN ikut serta menyukseskan SNPDB Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Ayo MTsN, sukseskan SNPDB ini. Pendaftar jangan sampai didominasi oleh siswa-siswa SMP. Setiap MTsN semestinya bangga jika siswanya banyak yang melanjutkan ke MAN IC ataupun MAN PK,” tegasnya.

“Kepala Madrasah beserta waka Kesiswaan dan BK serta tim di MTsN hendaknya terus memotivasi siswa-siswi berprestasi calon peserta SNPDB untuk jangan ragu mengikuti seleksi ini. Nyalakan terus ghiroh berkompetisi,” imbuh Saifulloh.

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara berkomitmen akan menyukseskan SNPDB Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Siswa-siswi terbaik MTs N 1 Banjarnegara sudah siap mengikuti seleksi. Terlebih tahun kemarin sudah ada 1 siswa yang diterima di MAN IC Pekalongan yang insya Allah bisa menjadi magnet penyemangat bagi adik-adik tingkatnya,” ucapnya mantap.

Sementara Ikhsanudin selaku Waka Kesiswaan menyatakan kesiapannya untuk terus memotivasi siswa-siswi berprestasi Madtsansa berani mendaftar SNPDB. ” Saya dan tim sudah melakukan beberapa langkah yang InsyaAllah akan menjadi bukti komitmen MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam seleksi nasional peserta didik baru MAN IC Pekalongan dan MAN PK Surakarta,” ungkapnya antusias.

Dalam kesempatan itu juga seluruh tamu undangan disuguhi penampilan dari beberapa siswa-siswi MAN Insan Cendekia Pekalongan. (fy/lin/rf)