Pentingnya Sinergi Wali Santri PAUD Al Hidayah Dengan Pengelola

Brebes – Pendidikan dan Belajar Quran sejak kecil itu sangat penting. Pembekalan cara membaca Qur’an sejak usia dini agar menjadi prioritas anak-anak. Melalui berbagai metode pembelajaran Quran anak- anak kita bisa belajar Quran dengan lancar. PAUD Al Hidayah yang sudah berdiri sejak tahun 2021 saat sekarang sudah ratusan siswanya. Berdirinya PAUD ini dilatarbelakangi karena anak anak usia dini sangat dibutuhkan pengetahuan tentang Quran. Kalau mereka tidak  ngaji Quran tentu akan lebih banyak bermain. Apalagi saat sekarang mereka sudah kenal HP, tentu kalau dibiarkan sebagai orang tua akan merugi nanti.

“Kegiatan di PAUD Al Hidayah pagi dengan kurikulum formal berbasis Quran dan sore TPQ. Sehingga pagi dan sore full penuh dengan kegiatan pendidikan”. Demikian disampaikan Kyai Fahruri selaku Kepala TPQ Al Hidayah Rengaspendawa saat ditemui di ruang kerjanya.

Kegiatan pendidikan yang  dikelola melibatkan Wali Santri untuk banyak terlibat pada proses pembelajaran. Sehingga diperlukan proaktif untuk bersama mengawal proses pendidikan anak anak mereka.

“Sesungguhnya yang wajib mendidik pada awalnya adalah para orang tua. Namun karena faktor kesibukan dan kemampuan mereka akhirnya diamanatkan kepada lembaga pendidikan kami. Amanat ini harus kami jaga sebaik baiknya dengan menjalankan proses dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia dini. Inovasi dan improvisasi dalam pembelajaran untuk menjadikan lembaga pendidikan itu berkualitas terus kami lakukan. Tata kelola pendidikan yang kami jalankan melibatkan partisipasi wali santri,” imbuh Alumni Pondok Pesantren Luwungragi asuhan KH Subhan Ma’mun.

“Sinergi Wali Santri bersama dengan kami selaku pengelola terjalin dengan baik. Kami membentuk Ikatan Wali Santri Al Hidayah, pada Kamis, 20/01/2022 di Gedung TPQ/LPQ Al Hidayah Dukuh Rantan Desa Rengaspendawa Kec. Larangan Kabupaten Brebes. Hal ini sebagai media komunikasi dan silaturahmi Wali Santri untuk meningkatkan mutu dan kualitas Pendidikan di lembaga pendidikan kami. Al hamdulilah dukungan masyarakat dan tokoh masyarakat lingkungan Rengaspendawa sangat baik. Khidmat kepada umat melalui pendidikan menjadi komitmen kami bersama-sama dengan dewan pengajar di PAUD dan TPQ Al Hidayah,” pungkas Kyai Fahruri.(AS-Hid/Sua)